Soal Revitalisasi Pelabuhan Ratu, Begini Jawaban Ridwan Kamil

JABARNEWS | BANDUNG – Di tahun 2020 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana merevitalisasi 30 titik di Jawa Barat, salah satunya Pelabuhan Ratu.

Penataan sisi pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu bagian dari program Pemprov Jabar yang tertuang dalam empat strategi guna mengembangkan kepariwisataan Jabar, yakni memperbaiki akses, membuat destinasi wisata baru, menggelar event Tourism Summit, dan mengakselerasi desa wisata.

Baca Juga:  Polisi Terus Perketat Protokol Kesehatan di Objek Wisata Purwakarta

Soal revitalisasi Pelabuhan Ratu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, revitalisasi di Pantai Pelabuhan Ratu tersebut sesuai dengan aspirasi masyarakat.

“Di Pelabuhan Ratu itu dialognya adalah gak punya ruang publik yang bagus yang menghadap air, yang ada, kan kemarin alun-alunnya agak menghadap ke dalam,” kata pria yang akrab disapa Emil ini di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (11/2/2020).

Baca Juga:  Dituding Rizieq Shihab Terlibat Pembantaian, Ini Kata Diaz Hendropriyono

Menurutnya, jika ruang publik dibangun terlalu ke dalam (jauh pinggir pantai) para wisatawan tidak akan merasakan keindahan pantainya. Oleh karena itu, pihaknya menyepakati, sebagian tanah Pemprov dan tanah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi untuk dibangun tempat ruang publik.

Baca Juga:  Lucu, Inilah 10 Foto Epic Sesat Sebelum Bencana Terjadi

“Akhirnya kita revitalisasi, sehingga nanti jadi kebanggaan ada alun-alun memanjang tapi viewnya langsung ke laut,” jelasnya.

Emil menyebut, revitalisasi pantai di Pelabuhan Ratu ini memiliki konsep mirip memperbaiki kualitas lingkungan dengan anggaran diperkirakan Rp.15 miliar.

“Detailnya saya belum bisa, belum lihat finishnya,” tutupnya. (RNU)