Pemprov Jabar Jalin Kerjasama Dengan Prancis

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (11/2/2020).

Emil, sapaan akrabnya mengatakan, pertemuan dengan sang dubes dilakukan untuk membahas peluang kerja sama antara Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dan Prancis di berbagai sektor, mulai dari sosial-budaya, perdagangan, hingga investasi.

“Ini bagian dari cerita betapa Jawa Barat sangat diminati untuk investasi. (Kerja sama) dengan Prancis ini kita akan akselerasi,” ucap Emil.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Ingin Fasilitas MotoGP 2021 di Mandalika Rampung Tahun Depan

Sosok Inspirational Leader Asia-Pacific pada GovInsider Innovation Awards 2019 ini berujar, saat ini peluang terbesar adalah kerja sama untuk membangun rumah sakit.

“Nanti kita lihat bagaimana skema bisnisnya,” tambahnya.

Adapun Jabar sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia (hampir 50 juta jiwa), lanjut Kang Emil, membutuhkan 23 rumah sakit baru.

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar pun membuka peluang kerja sama dengan Prancis terkait proyek infrastruktur dan transportasi dengan mengutamakan konsep Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga:  2 tahun Mangkrak, Kini Puskesmas Plered Bisa Digunakan

Nantinya, kerja sama yang dilakukan akan dibagi menjadi skala kecil, menengah, dan besar. Untuk skala kecil, rencananya Pemda Provinsi Jabar akan membuka kedai kopi Jabar di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel itu.

Untuk proyek menengah yakni terkait proyek pembangunan rumah sakit. Sementara skala besar akan dijalin dalam proyek infrastruktur strategis.

Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir mengatakan, pihaknya siap mempromosikan Indonesia khususnya Jabar dengan mengolah berbagai potensi yang ada di Jabar menjadi komoditas bernilai jual yang bisa dipasarkan di Prancis.

Baca Juga:  Jadwal Timnas Indonesia Di Piala AFF U-16 Hari Ini

“Tahun ini adalah 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Prancis sehingga kita akan buat berbagai program yang melibatkan banyak warga Prancis supaya mengenal Indonesia. Kita juga akan berupaya menjual produk- produk kreatif Jawa Barat bekerja sama dengan salah satu store di sana (Prancis),” ucapnya. (Rnu)