Ternyata Ini Alasannya E-Tilang Belum Terealisasi di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Kota Bandung belum bisa menerapkan E-Tilang dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung menyebut belum mendapatkan arahan tentang pemanfaatan CCTV untuk E-Tilang, sehingga bisa dipastikan sistem tilang melalui CCTV ini belum berlaku di Kota Bandung.

“Berkaitan E-Tilang sampai saat ini posisi Diskominfo masih belum menerima arahan lebih lanjut dari pimpinan. Jadi E-Tilang di Kota Bandung masih belum berlaku,” kata Kepala Seksi Manajemen Perangkat Keras Diskominfo Kota Bandung, Furqon Hanafi di Bandung, Selasa (11/2/2020).

Baca Juga:  Ini Kabar Gembira Untuk Mahasiswa dan Alumni UGM, Simak Ya

Furqon menuturkan, Diskominfo Kota Bandung turut mendukung setiap program pemerintah. Namun, kaitannya dalam E-Tilang ini porsi Diskominfo hanya sebagai pendukung baik pengembangan perangkat lunak ataupun perlengkapan yang dibutuhkan.

Menurutnya, Diskominfo saat ini memang sudah mengembangkan intelligent video analytic guna mengoptimalkan kemampuan CCTV. Dia menyatakan, E-Tilang memang memerlukan kemampuan CCTV yang lebih canggih.

“Kalaua E-Tilang secara teknis harus disediakan CCTV yang bisa membaca nomor kendaraan dan secara sistem dibutuhkan server yang bisa menyimpan data secara masif. Kami sebagai pendukung saja,” jelasnya.

Baca Juga:  Rapid Test II, Bupati Bandung: Wilujeng Sumping Ramadan, Selamat Tinggal Corona

Selain mempersiapkan perangkat lunak dan kemampuan CCTV yang lebih baik, Furqon menambahkan, E-Tilang juga memerlukan penempatan kamera CCTV di lokasi dan posisi yang tepat.

“E-Tilang sebenarnya harus melihat lokasi yang rawan dulu. Kalau pun nanti diberlakukan, ada prioritas titik rawan,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, Diskominfo Kota Bandung memiliki 227 kamera yang tersebar di 88 titik di Kota Bandung. Selain itu ada sejumlah kamera milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang juga bisa diakses oleh Diskominfo.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Kekeh Perjuangkan Misi Damai Ukraina dan Rusia di KTT G20

“Total di BCC (Bandung Command Center) sekitar 770 kamera di 358 titik. Memang kendalanya CCTV dari OPD lain juga ada yang bisa diakses secara online dari luar tapi ada juga yang hanya bisa diakses oleh komputer lokal,” tutupnya. (Rnu)