Wawalkot Bogor Kunjungi PT INKA Bahas Kerjasama Pembangunan Trem

JABARNEWS | BOGOR – Pemerintah Kota Bogor melanjutkan pembicaraan dengan berkunjung ke PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur, untuk membicarakan beberapa aspek terkait rencana Pemerintah Kota Bogor membangun moda transportasi trem di kota hujan itu.

“Saya hari ini berkunjung ke Madiun untuk bertemu dengan Direksi PT INKA. Agendanya adalah membicarakan, tindak lanjut hasil kajian dari konsultan PT Colas Rail, aspek teknis dan skema kerja samanya,” kata Dedie A Rachim, Rabu (12/1/2020)

Baca Juga:  Siap-siap, Ciamis Bakal Mulai Terapkan PSBB Pekan Depan

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor yang diwakili Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Kepala Dinas Perhubungan Eko Prabowo bertemu dengan Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI Amrozi Hamidi dan Direktur Utama Utara PT KCI Wiwik Widayanti, di Gunung Geulis, Kabupaten Bogor, Kamis (6/2/2020).

Salah satu rekomendasi dari hasil kajian PT Colas Rail, perusahaan konsultan kereta api dari Prancis, menyebutkan Kota Bogor layak mengoperasikan moda transportasi trem, yakni moda transportasi berbasis rel.

Baca Juga:  Kementerian ATR Sudah Minta Meikarta Dihentikan Sementara

Namun karakter jalan raya di Kota Bogor yang tidak semuanya lurus, PT Colas Rail merekomendasikan agar Pemerintah Kota Bogor mendatangkan trem baru yang didesain khusus disesuaikan dengan karakter jalan raya di Kota Bogor. Trem baru itu dari PT INKA di Madiun.

Untuk menindaklanjuti rekomendasi dari hasil kajian PT Colas Rail, pada Rabu ini, Dedie berkunjung ke PT INKA di Madiun.

Baca Juga:  Owalah... Ternyata Ini Alasan Singapura Tolak Masuk Ustadz Abdul Somad

Dedie ingin membicarakan desain trem jika dioperasikan di Kota Bogor dan aspek sinkronisasi teknis sepertinya penyesuaian dengan karakter jalan dan jembatan.

“Saya juga ingin membicarakan bagaimana skema kerja samanya, termasuk opsi-opsi pembiayaan dan pengoperasiannya,” katanya.

Dedie A Rachim telah membangun komunikasi dengan pimpinan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), dalam penjajagan kerja sama pada rencana pengoperasian trem di Kota Bogor. (Red)