Soal Pengawasan WNA, Begini Kata Dinkes Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Barat, Berli Hamdani menghimbau kepada masyarakat Jawa Barat untuk tidak panik terhadap penyebaran virus tersebut. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinkes sudah melakukan berbagai pencegahan dan pengawasan terhadap aktivitas WNA di Jawa Barat.

Dikatakanya, selama ini pihaknya selalu melakukan pengawasan terhadap WNA di Jawa Barat bekerjasamadengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pengecekan kesehatan, hal itu untuk mengantisipasi menyebarkan virus Covid19.

Baca Juga:  Kematian Akibat Covid-19 di Kota Ini Cukup Tinggi, Sehari Capai 21 Orang

“Selama ini kita sudah melakukan pengawasan, kita punya jejaring sampai di puskesmas kemudianjuga kalau dimulai kedatangan kita sudah kerjasama dengan kantor kesehatan pelabuhan dan imigrasi dan beacukai termasuk dengan kementerian kesehatan,” kata Berli di Bandung, Rabu (12/02/2020).

Baca Juga:  Melirik Wisata Edukasi Bale Panyawangan Diorama Purwakarta

Selain itu, Dinkes Jabar mencatat setidaknya ada 7 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok di Jawa Barat diduga terkena Virus Corona atau COPID 19. Meski begitu hasil pemeriksaan Litbangkes RI semuanya dinyatakan negatif terkena virus tersebut.

Ketujuh WNA tersebut, lanjut dia, masing-masing didapati dari Rumah Sakit Rujukan di Jawa Barat, RS Paru Cirebon, RS Kawaluyan Kabupeten Bandung Barat dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Baca Juga:  Simpan Sabu, Pemuda Tanggung Ini Diringkus Polisi

“Rata-rata datang karena Deman itu termasuk gejala virus Corona. Nah, baru diduga kemudian dimasukan ke pengawasan selanjutnya diperiksa spesimennya serta DNAnya. Jika, ternyata positif terinveksi Covid19 maka akan dikonfirmasi,” tutupnya. (Rnu)