Atmaprawira dan Raksapratiwi Kenalkan Aksara Sunda Sejak Dini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Atmaprawira dan Raksapratiwi sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan aksara sunda, Selasa, (11/02/2020) di Aula SDN 2 Citamiang Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Menurut ketua pelaksana kegiatan tersebut, Idan, kegiatan ini di selenggarakan bertujuan untuk memperkenalkan aksara sunda kepada para anak-anak sejak dini agar sastra dan aksara daerah khususnya bahasa sunda yang masih dipelihara oleh penuturnya perlu dihargai dan dipelihara.

Baca Juga:  Banyak Agenda Penting Jelang HUT RI dan Jabar, DPRD Lakukan Ini

“Pendidikan Bahasa sunda merupakan kebutuhan dasar supaya bisa lebih bahagia kedepannya. Pendidikan bahasa sunda bisa membantu kemajuan bangsa. Sebab, suatu bangsa kedepannya bisa jadi aman jika dipegang oleh masyarakat yang punya pendidikan baik,” papar Idan, Rabu (12/2/2020).

Idan mlenyebut, sasaran utama pendidikan untuk kamajuan diri, bukan hanya pendidikan formal, tapi pendidikan seperti sopan santun, agama, lingkungan, dan yang lainnya.

Baca Juga:  Angkot Tabrak Sepeda Motor, 1 Orang Tewas

“Pendidikan berguna untuk membuat kita lebih bijak, lebih pintar dan bisa berpikir benar dan bisa membedakan antara yang salah dan yang benar,” terangnya.

Terpisah, Instruktur kegiatan bernama Muhammad Candra Agustian mengatakan, peserta kegiatan terlihat sangat semangat dalam belajar aksara sunda ini. Dia berharapa bukan hanya belajar menulis dan membaca saja.

Baca Juga:  Satgas Money Politik Polda Intensif Monitor Pilkada

“Akan tetapi para peserta dapat menggunakannya di keseharian sehingga memiliki rasa kebanggaan dan rasa memiliki pada Bahasa dan sastra Sunda,” pungkasnya.

Diketahui, nantinya para peserta akan dibekali modul dan sertifikat pelatihan Aksara Sunda sehingga peserta bangga bahwa dirinya telah menguasai sastra sunda serta telah tersertifikasi. (Gin)