Banjir di Jalur Bandung-Garut, Wagub Uu Inspeksi PT Kahatex

JABARNEWS | SUMEDANG – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum melakukan inspeksi langsung ke PT Kahatex. Hal tersebut sebagai bentuk tindak lanjut atas banjir yang terjadi di Jalan Raya Provinsi Bandung-Garut, tepatnya di depan Kawasan PT Kahatex.

Uu mengatakan, bahwa pihaknya sering mendapat laporan serta keluhan dari masyarakat yang terkena dampak banjir. Menurutnya, masalah banjir tersebut ternyata sudah ada progres normalisasi pembangunan kali yang melewati Kahatex.

Baca Juga:  Kepala BNPT dan Danjen Kopassus Bertemu, Ini yang Dibahas

“Kami kesini untuk melihat situasi dan kondisi permasalahan yang sering dilaporkan dan dikeluhkan masyarakat. Ternyata kalau masalah banjir ini sudah ada progres, yaitu sudah ada normalisasi pembangunan kali yang melewati kahatex ini,” kata Uu kepada wartawan di PT Kahatex, Rabu (12/2/2020).

Namun, lanjut dia, kali atau sungai tersebut belum bisa dimanfaatkan, karena ada satu titik yang belum dikerjakan, dan itu kewenangannya ada dipemerintah pusat, alias kementerian PUPR.

Baca Juga:  Frustasi Cari Suami, Wanita Hamil Muda Nyaris Terjun Bebas di JPO Margonda

“Itu sudah ada progres tentang pembangunan itu, yaitu dikeduk saur ceuk sundana mah, atau kata lain dinormalisasi, dan diperbesar, itu akan selesai kemungkinan tahun ini bulan Oktober selesai,” jelasnya.

Selain itu, Uu menyebutkan jembatan yang ada di dalam Kahatex yang akan dibongkar dan diluruskan oleh pihak Kahatex.

Baca Juga:  Nonton Film G-30-S/PKI Tidak Dilarang. Polri: Asal Tidak Berkerumun

“Kemudian sudah ada progres, yaitu sudah membuat pintu yang lain tinggal menunggu izin dari pemprov. Sebenarnya izinnya sudah ada tinggal teknis mungkin beberapa hari juga bisa dibuka jalan tersebut. Berarti jalan atau jembatan disini yang dianggap sedikit menghambat lajunya air itu bisa dibongkar,” pungkasnya. (Rnu)