Si Jago Merah Hanguskan Rumah di Sukasari Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebuah rumah di kampung Tegal Malaka RT.014/RW.008, Desa Ciririp Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta rata dengan tanah usai dilalap si jago merah. Kebakaran itu dipicu akibat tungku/Hawu yang lupa di padamkan usai memasak.

Menurut, Danramil 1905 Jatiluhur, Kapten Arm Bambang Priyambodo melalui Danpos Sukasari, Serma Mahdum, peristiwa itu terjadi pada Rabu 12 Februari 2020 sekitar pukul 05.30 WIB, api membakar rumah milik pasutri H. Asep dan Hj. AI.

Baca Juga:  Baznas Ciamis Salurkan Puluhan Paket Sembako Untuk Kelompok ODHA

“Pada saat itu, pemilik rumah tengah memasak di atas tungku/Hawu dengan menggunakan kayu bakar, karena pemilik rumah lupa api tersebut tidak di padamkan kembali dan pemilik rumah langsung pergi ke sawah,” ungkap Mahdum, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga:  Gara-gara Ujaran Kebencian Soal Ade Armando, Guru Besar di UGM Ini Dapat Sanksi Etik

Usai memasak, lanjut dia, tungku api yang ditinggalkan pemilik rumah ke sawah api yang merambat ke bilik yang dekat dengan tungku tersebut semakin besar dan cepat membakar habis rumah.

“Api yang besar tidak bisa dipadamkan dan membakar habis rumah. Kondisi bangunan rumah yang terbakar merupakan rumah panggung yang dominan matrialnya terbuat dari bilik dan kayu,” jelas Mahdum.

Baca Juga:  Penerapan New Normal, Tempat Karoke di Garut Sudah Buka Kembali Kah?

Akibat kebakaran itu, lanjut dia, satu unit rumah beserta harta benda di dalamnya hangus terbakar.

“Alhamdulillah tak ada korban jiwa ataupun korban luka dalam peristiwa tersebut, karena kondisi rumah kosong. Untuk kerugian masih dalam pengecekan Pemilik Rumah,” pungkasnya. (Gin)