aqua

Antisipasi Longsor, BPBD Kabupaten Indramayu Tanam Rumput Vetiver

Sebanyak 58.280 batang vetiver ditanam di tanggul Cimanuk

Penanaman rumput pencegah longsor di Kabupaten indramyu. (foto: Dis/Jabarnews)

JABARNEWS | INDRAMAYU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu bersama berbagai elemen masyarakat melakukan penanaman rumput pencegah longsor (vetiver). Sebanyak 58.280 batang vetiver ditanam di tanggul Cimanuk Blok Gandok Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (12/02/2020)

Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Indramayu Edi Kusdiana mengatakan, penanaman vetiver ini dalam rangka untuk memperkuat tanggul Sungai Cimanuk dan Kabupaten Indramayu memiliki saluran sungai hampir sekitar 180 KM, dari jumlah tersebut terdapat beberapa titik rawan yang harus segera ditanggulangi.

Baca Juga:

Dibilang Jangan Mudik Tetap Ngeyel, Pria di Indramayu Positif Corona

Bocah Asyik Memancing Tercebur di Sungai Cimanuk



“Ada beberapa titik rawan longsor yang harus diselamatkan, salah satunya tanggul Cimanuk di Blok Gandok ini,” katanya.

Penanaman vetiver ini lanjutnya, telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada saat rakornas BNPB di Bogor beberapa waktu lalu, dalam Rakornas tersebut diharapkan agar pemerintah daerah baik tingkat Provinsi maupun kabupaten untuk mendukung dan mensponsori penanaman vetiver ini.

Menurut Edi, dengan adanya rumput vetiver yang tumbuh di lingkungan rawan longsor, akan mampu mencengkeram tanah. Sebab, rumput vetiver merupakan tanaman yang akarnya mampu menembus hingga 5 meter ke dalam tanah. Sehingga penanamannya memang harus berada di wilayah yang rawan longsor, dan berdasarkan penelitian dan percobaan, rumput tersebut dapat menahan longsor.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BPBD Indramayu Rumput Vetiver Antisivasi Bencana Kabupaten Indramayu Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi