aqua

Alihkan Program Pensiun PNS Ke BPJAMSOSTEK, Manfaat Tidak Berkurang

Pengalihan program pensiun PNS dari PT. Taspen ke BPJAMSOSTEK.

Ilustrasi- BPJS Ketenagakerjaan, kini dipanggil BPJAMSOSTEK. (Foto: BPJAMSOSTEK)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), paling lambat tahun 2029, penyelenggaraan program pensiun untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dialihkan ke Badan Hukum Publik yang menyelenggarakan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, yaitu BPJS Ketenagakerjaan atau kini dipanggil BPJAMSOSTEK.

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJAMSOSTEK, Sumarjono menyampaikan pihaknya sedang menunggu regulasi turunan dari UU tersebut sebagai dasar teknis pelaksanaan peralihan program dari pelaksana sebelumnya, PT Taspen (Persero).

Baca Juga:

Manfaatkan Aplikasi BPJSTKU untuk Antisipasi Penipuan Via Online

BPJS Ketenagakerjaan Raih Apresiasi Innovation Recognition Award dari ASSA



"Sebagai badan penyelenggara, pasti kami bekerja berdasarkan kebijakan pemerintah. Pemerintah yang akan mempersiapkan regulasi terkait teknis pengalihan, termasuk besaran iuran dan manfaat pensiun untuk PNS. Tentunya kami akan dilibatkan untuk memberikan masukan sesuai dengan kompetensi kami," kata Sumarjono, melalui siaran pers yang diterima Jabarnews.com, Rabu (12/2/2020).

Sumarjono menjelaskan, program Jaminan Pensiun (JP) yang diselenggarakan oleh BPJAMSOSTEK selama ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2015. PP tersebut mengatur program JP untuk pekerja Non PNS dan diselenggarakan dengan skema pre-funding melalui iuran pemberi kerja dan pekerja. Manfaat yang diterima merupakan hak peserta dan sebagai kepastian atas perlindungan kepada seluruh warga negara.

Terkait manfaat program pensiun untuk PNS, Sumarjono menegaskan tidak akan terjadi penurunan manfaat, jika program tersebut dialihkan ke BPJAMSOSTEK.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Pensiun PNS PT Taspen BPJS Ketenagakerjaan BPJAMSOSTEK BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta BPJAMSOSTEK Purwakarta Pengalihan Program Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Inilah Fungsi serta Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Harpelnas SERU Bersama BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta

Tragedi KM Mina Sejati, Korban Dilindungi BPJSTK

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi