Iker Cassilas Incar Kursi Presiden FA Spanyol

JABARNEWS | Jakarta – Iker Cassilas mengincar kursi Presiden Federasi Sepakbola (FA) Spanyol, kata beberapa sumber kepada ESPN.

Laporan itu mulai muncul bulan lalu, bahwa sang mantan kiper Real Madrid dan tim nasional Spanyol itu, tengah mempertimbangkan mencalonkan diri untuk menantang petahana Luis Rubiales, yang terpilih menduduki jabatan puncak itu pada 2018.

Casillas belum pensiun bermain dan saat ini masih bermain untuk FC Porto, namun absen sejak mengalami serangan jantung pada Mei 2019.

Baca Juga:  Rayakan Kemerdekaan, RW Pulobaru Kota Cirebon Datangkan Pendongeng

Belakangan pesepakbola berusia 38 tahun itu, dikabarkan mengadakan pertemuan dengan otoritas olah raga Spanyol, Consejo Superior de Deportes di Madrid untuk mengungkapkan niatnya turut serta dalam pemilihan ketua FA, yang diperkirakan berlangsung pada musim gugur tahun ini.

Mantan kapten timnas Spanyol itu punya waktu sebulan guna menghitung kemungkinan dukungan yang akan dia raih. Termasuk menyadari berbagai kemungkinan atas hijrahnya dari seorang pemain menjadi pengelola.

Baca Juga:  Longsor Ancam Pemukiman Warga Sukasari Purwakarta

Casillas kemungkinan bakal didukung Presiden La Liga, Javier Tebas yang sering mengkritik Rubiales sejak dia terpilih, selain presiden Asosiasi Pesepak Bola Spanyol, David Aganzo.

Rubiales selama ini dianggap bukan tokoh pemersatu selama dua tahun memimpin Federasi Sepakbola Spanyol. Dia mendorong transparansi, tetapi dia juga terlibat dalam sejumlah keputusan yang kontroversial.

Dia menjadi penyebab kepergian Julen Lopetegui menjelang Piala Dunia 2018, serta memilih kembali Luis Enrique sebagai pelatih timnas tahun lalu. Itulah yang membuatnya cekcok dengan mantan asistennya Robert Moreno.

Baca Juga:  Viral Warga Sipil Pakai Mobil Dinas TNI AD, Ini Tanggapan Puspomad

Dia juga membawa Piala Super Spanyol ke Arab Saudi pada Januari lalu.

Casillas diperkirakan akan resmi mencalonkan diri dalam beberapa pekan ke depan.

Casillas membutuhkan paling sedikit 15 persen anggota dewan yang total beranggotakan 140, agar bisa mencalonkan diri menjadi presiden FA Spanyol.

Kemudian dia hanya perlu mendapatkan suara mayoritas sederhana untuk dipilih menjadi Presiden Federasi Sepakbola Spanyol itu. (Ara)