Sempat Meroket, Kini Harga Bawang Putih di Kota Bandung Mulai Turun

Harga normal bawang putih di pasaran hanya berkisar Rp30.000 - Rp32.000/kg.

Bawang putih (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Harga bawang putih mulai berangsur turun di pasaran setelah mengalami kenaikan hingga mencapai 100 persen sejak awal Februari 2020. Tercatat harga bawang putih turun hingga Rp.10 ribu per kilogram (kg), yaitu dari Rp.60.000 per kg menjadi Rp.50.000 per kg.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan berdasarkan hasil pantuan harga komoditas bahan pokok di delapan pasar, lanjutnya, harga normal bawang putih di pasaran hanya berkisar Rp30.000 - Rp32.000/kg.

Baca Juga:

Harga Komoditas Pangan di Serdang Bedagai Relatif Stabil

Disperindag Jabar Bakal Cari Pasokan Bawang Putih dari Produk Lokal



"Sekarang harganya Rp 50 ribu per kilo hari ini, sudah ada penurunan berdasarkan hari ini," kata Elly di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis.

Ada beberapa faktor yang menurutnya mengakibatkan harga bawang putih meroket sejak dua pekan lalu. Di antaranya yaitu fenomena "panic buying" karena takut impor ditutup akibat virus Corona, dan dugaan 150 ton bawang putih yang ditimbun di Karawang Timur.

"Berdasarkan Informasi Disperindag Jawa Barat dan Satgas Pangan Polda Jawa Barat, katanya ada 150 ton itu yang ditimbun di Karawang, dengan ditemukannya itu, jadi karena ada faktor penimbunan," kata Elly.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Harga Bawang Putih Komoditas Pangan Harga Menurun Disperindag Bandung Pemkot Bandung Disdagin Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Harga Bawang Putih Tinggi, Disperindag Jabar Curiga Ada Penimbunan

Penimbunan Terungkap, Harga Bawang Putih di Bandung Turun

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi