Sempat Meroket, Kini Harga Bawang Putih di Kota Bandung Mulai Turun

JABARNEWS | BANDUNG – Harga bawang putih mulai berangsur turun di pasaran setelah mengalami kenaikan hingga mencapai 100 persen sejak awal Februari 2020. Tercatat harga bawang putih turun hingga Rp.10 ribu per kilogram (kg), yaitu dari Rp.60.000 per kg menjadi Rp.50.000 per kg.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan berdasarkan hasil pantuan harga komoditas bahan pokok di delapan pasar, lanjutnya, harga normal bawang putih di pasaran hanya berkisar Rp30.000 – Rp32.000/kg.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Tingkatkan Kapasitas Tes Covid-19

“Sekarang harganya Rp 50 ribu per kilo hari ini, sudah ada penurunan berdasarkan hari ini,” kata Elly di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis.

Ada beberapa faktor yang menurutnya mengakibatkan harga bawang putih meroket sejak dua pekan lalu. Di antaranya yaitu fenomena “panic buying” karena takut impor ditutup akibat virus Corona, dan dugaan 150 ton bawang putih yang ditimbun di Karawang Timur.

Baca Juga:  Diduga Depresi Seorang Ibu Kubur Bayinya Hidup-hidup

“Berdasarkan Informasi Disperindag Jawa Barat dan Satgas Pangan Polda Jawa Barat, katanya ada 150 ton itu yang ditimbun di Karawang, dengan ditemukannya itu, jadi karena ada faktor penimbunan,” kata Elly.

Ia memastikan bahwa impor bawang putih dari Tiongkok tidak akan diberhentikan, karena berdasarkan kebijakan dari pemerintah pusat impor yang diberhentikan adalah hewan hidup yang memiliki potensi penyebaran virus Corona.

Baca Juga:  Tiga Jenis Kartu Kredit Berlimit Miliaran, Kalian Punya Salah Satunya?

Menurutnya kebutuhan bawang putih di Kota Bandung per hari mencapai 93 ton. Angka tersebut menurutnya disebabkan oleh Kota Bandung sebagai kota yang kerap dikunjungi wisatawan.

“Jadi karena ada penimbunan, itu seharusnya bisa digelontorkan karena bagaimanapun Kota Bandung sebagai barometer harga di Jawa Barat,” kata dia.

Sejumlah pedagang merespon positif penurunan harga komoditas bawang putih, yang menjadikan penjualannya semakin meningkat lantaran penurunan harga yang cukup signifikan. (Ara)