bjb

Aktivis Lingkungan Minta Status Gunung Cikuray Garut Jadi Cagar Alam

Manajer Program Pemulihan Lingkungan Hidup Yayasan Tangtudibuana, Usep Ebit Mulyana. (Foto: Antara)

Usep menyampaikan, pegiat lingkungan di Garut akan terus mendesak pemerintah mulai tingkat Garut sampai pusat untuk meningkatkan status fungsi kawasan Gunung Cikuray sebagai upaya penyelamatan lingkungan.

Peningkatan status Gunung Cikuray menjadi Cagar Alam itu, kata dia, akan memberi kewenangan lebih luas dalam pemulihan gunung sehingga keberadaannya tetap memberikan kehidupan bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Baca Juga:

Angin Kencang, Kebakaran Gunung Ciremai Makin Meluas

Inilah Status Gunung Tangkuban Perahu Terbaru



"Dari FGD ini salah satu yang dirumuskan adalah mendorong pemerintah untuk meningkatkan status kawasan Gunung Cikuray," katanya.

Pegiat lingkungan dari Kecamatan Bayongbong atau kawasan kaki Gunung Cikuray, Iman menyampaikan, selama ini sudah terjadi perambahan hutan atau alih fungsi lahan di kawasan Gunung Cikuray.

Seluruh kawasan Gunung Cikuray dari kaki gunung hingga puncak, kata Iman, masih dikelola oleh Perum Perhutani dengan status hutan lindung terbatas dan hutan produksi.

"Dengan perubahan status fungsi kawasan diharapkan fungsi-fungsi ekologis kawasan Gunung Cikuray bisa dipulihkan," katanya.

Tokoh masyarakat Desa Sukatani, Kecamatan Cilawu atau kawasan kaki Gunung Cikuray, Rahmat mengungkapkan, selama beberapa tahun warga yang tinggal di kaki gunung mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

"Kerusakannya sudah cukup terasa, karena beberapa tahun ini warga di Desa Sukatani kesulitan mendapatkan air bersih," katanya. (Ara)
Halaman sebelumnya
Tags : Kawasan Gunung Ciremay Gunung Ciremai Status Gunung Hutan Lindung Cagar Alam Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jawa barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi