Rangkaian HPN 2020, Isu Era Disrupsi Media Jadi Bahan Perhatian PWI Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangkaian memeriahkan peringatan Hari Per Nasional (HPN) Ke-74 tahun 2020, isu era disrupi media dan tantangannya menjadi perhatian khusus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat.

Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan, salah satunya akan menggelar seminar “Peran Pers di Era Disrupsi Media, Mendorong Media Daring Tumbuh Sehat dan Berkembang, selain beberapa kegiatan sosial donor darah dan penanaman pohon.

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat mengatakan, dalam seminar ini nantinya akan hadir sejumlah sejumlah pembicara ternama yang akan mengupas lebih jauh bagaimana mengelola bisnis media daring saat ini.

“Kami ingin memberikan sesuatu yang bernilai bagai insan pers Jawa Barat melalui seminar ini. Sehingga kupasan seminar akan banyak menggali dari berbagai sisi mulai dari sisi bisnis seperti pemanfaatan google adsense, kemudian proses sertifikasi, bagaimana meningkatkan peringkat media termasuk juga strategi-strategi lainnya,” ujarnya kepada pers, Jumat (14/02/2020).

Baca Juga:  Selama Pandemi Covid-19, Produksi Garam di Jabar Turun 80 Persen

Untuk pelaksanaan lanjut dia, seminar tersebut akan dilaksanakan 12 Maret 2020 di Ballroom Papandayan, Gedung Sate, Kota Bandung.

“Pembicara atau narasumbernya dari berbagai kalangan yang memang ahli di bidangnya. Seperti materi google adsense yang akan menghadirkan Ibu Ilona Juwita, kemudian dari Dewan Pers, serta praktisi media daring yang kami anggap mampu menjadi leader dalam bisnis ini,” tegasnya.

Selain itu kata Hilman, pihaknya akan menggelar aksi sosial donor darah bersama bank bjb syariah, LPSE, Summarecon Bandung, PT. Pos Indonesia, dan Djarum Foundation di kantor PMI Kota Bandung.

“Kegiatan ini juga melibatkan IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Jabar serta akan mengajak seluruh insan pers yang ada di Jawa Barat. Aksi sosial ini ditargetkan juga dapat menyentuh semua kalangan,” ucapnya.

Baca Juga:  Viking 99 Purwakarta Gelar Buka Bersama

Karena disamping pengurus PWI Jabar, pihaknya juga mengundang media-media yang ada di Bandung. Dan kalau masyarakat umum ingin turut berpartisipasi, kami tentu dengan tangan terbuka menyambutnya.

Tak hanya itu menurut Hilman, PWI Pokja Gedung Sate juga akan menggelar lomba menulis berita yang diperuntukan bagi kalangan insan pers Jawa Barat. Total hadiah untuk lomba menulis ini mencapai Rp14 juta untuk tiga kategori pemenang.

Sebagai penutup rangkaian menurut Hilman, PWI Jabar juga akan menggelar kegiatan penanaman pohon di lahan-lahan kritis di Jawa Barat. Jika tak ada aral melintang, kegiatan penanaman pohon ini akan dilaksanakan tanggal 29 Maret 2020 di Pangalengan, Jawa Barat.

Baca Juga:  Mantan Model Majalah Dewasa Novi Amelia Bunuh Diri, Kejiwaannya Tak Stabil?

Tak hanya itu menurut Hilman, PWI Pokja Gedung Sate juga akan menggelar lomba menulis berita yang diperuntukan bagi kalangan insan pers Jawa Barat. Total hadiah untuk lomba menulis ini mencapai Rp14 juta untuk tiga kategori pemenang.

Sebagai penutup rangkaian Hilman menambahkan, PWI Jabar juga akan menggelar kegiatan penanaman pohon di lahan-lahan kritis di Jawa Barat. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 29 Maret 2020 di Pangalengan, Jawa Barat.

“Insya Allah, penanaman pohon ini dilakukan bersama Gubernur Jawa Barat. Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap persoalan lingkungan yang saat ini menjadi konsen hampir semua bangsa di belahan dunia,” pungkasnya.(robby)