Marinir Harus Punya Kemampuan Ekspedisioner Hingga Multirole

JABARNEWS | LAMPUNG – Korps Marinir dituntut untuk menyiapkan satuan-satuan dengan kemampuan ekspedisioner dan Multirole. Yaitu satuan dengan kesiapsiagaan yang tinggi dan selalu siap dideploy keseluruh wilayah baik dalam negeri maupun luar negeri dalam mengemban dan melaksanakan setiap tugas baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Hal itu dikatakan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han) di tengah hujan deras saat Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS di Lapangan Apel Brigif 4 Marinir/BS, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran Lampung, Kamis (13/02/2020).

“Brigif 4 Marinir BS sebagai Komando Pelaksana Korps Marinir harus mampu merespon dengan cepat tugas-tugas Korps Marinir sebagai Kotama operasi TNI dan Kotama Pembinaan TNI AL sebagaimana yang diamanatkan oleh Perpres No.66 Tahun 2019 dan Perpang TNI No.49 Tahun 2019,” kata Dankormar, melalui siaran pers yang diterima Jabarnews.com, Jum’at (14/2/2020).

Baca Juga:  Data Pemilih Bocor, IPO: Komisioner KPU Perlu Dirombak Total

Dalam kesempatan itu, Dankormar menjelaskan, bahwa serah terima jabatan merupakan proses pembinaan personel dan regenerasi kepemimpinan yang berkesinambungan dalam suatu manajemen organisasi.

“Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengembangkan kemampuan manajerial, memperluas wawasan, memperkaya pengalaman dan memantapkan kualitas kepemimpinan secara dinamis melalui Tour Of Duty dan Tour Of Area,” jelasnya.

Damkormar juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Ahmad Fajar atas Dharma Bhakti dan pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin dan memajukan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS.

Serta ucapkan terimakasih kepada Ibu Etti Ahmad Fajar atas segala jerih payahnya dan pengabdiannya selama memimpin organisasi Jalasenastri Cabang-7 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir.

Baca Juga:  Bocah Ini Rutin Bantu Pembangunan Pesantren, Ini yang Dilakukannya

“Saya ucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir kepada Kolonel Marinir Nawawi,S.E., M.M sebagai Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS yang baru. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman penugasan yang dimiliki Kolonel akan mampu memimpin Brigif 4 Marinir/BS kearah yang lebih baik. Dan kepada Ibu Hening Nawawi saya ucapkan selamat semoga ibu dapat mencurahkan waktu dan perhatian untuk membangun kebersamaan dan membantu penyelesaian permasalah keluarga dan istri prajurit Brigif 4 Mar/BS,” pungkas Dankormar.

Untuk diketahui, jabatan Danbrigif 4 Marinir/BS diserahterimakan dari Kolonel Marinir Ahmad Fajar kepada Kolonel Marinir Nawawi, SE, MM. Kemudian, Kolonel Marinir Ahmad Fajar akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar).

Baca Juga:  Jaga Silaturahmi, BKPSDM Purwakarta Gelar Olahraga Bersama

Upacara sertijab tersebut diikuti oleh empat Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari berbagai kesatuan Brigif 4 Marinir/BS yang terdiri dari Batalyon Infanteri-7 Marinir, Batalyon Infanteri-8 Marinir, Batalyon Infanteri-9 Marinir dan Batalyon Infanteri-10 Marinir dipimpin satu Komando Komandan upacara Letkol Marinir Alim Firdaus, S.H., M.Tr (Hanla) yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 10 Marinir.

Turut hadir dalam upacara tersebut Letnan Jenderal TNI (Mar) Purn R.M Trusono Kadispotmar Mabesal, Danpasmar 2, Wakapolda Lampung, Irkormar, para Asisten Dankormar, Dandenjaka, Dankolatmar, Danlamar Sby, Danrumkitmar Cilandak, Danrem 043/Gatam dan jajaran Forkopimda Provinsi Lampung beserta tamu undangan lainnya. (Red)