bjb
itcbet

April 2020, BPS Buka Loker 390.000 Petugas Sensus

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto (Foto: Antara)

Calon Petugas Sensus setidaknya memiliki pendidikan akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) dan berdomisili sesuai daerah sensus dilakukan. Mereka juga akan diberikan pelatihan untuk mengisi kuesioner dan data-data dasar penduduk.

"Kita 'training' bagaimana mengisi kuesioner. Katakanlah konsep penduduk, apa yang dinamakan pendidikan terakhir. Ini sepertinya gampang, tapi sering 'missed'. Contoh isi pendidikan terakhir anak SMA pendidikan, diisi SMA, padahal belum tamat," kata dia.

Baca Juga:

Sebanyak 21 Anggota DPRD Purwakarta Ikut Orientasi

Simak! Daftar Lengkap 67 Batch Produk Obat Maag yang Ditarik BPOM



Ada pun dalam SP2020 ini, BPS menggunakan metode kombinasi (combine method) yang menggunakan data administrasi pendudukan dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar, serta metode wawancara.

Periode Sensus Penduduk Online (SP Online) akan dimulai pada 15 Februari-31 Maret 2020. Penduduk dapat mengakses web sensus. bps.go.id menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

Bagi penduduk yang belum mengikuti SP Online, mereka akan didatangi Petugas sensus untuk melakukan Sensus Penduduk Wawancara dengan menggunakan hp/tablet atau kuesioner kertas selama bulan Juli 2020.

Data penduduk yang dihasilkan melalui SP2020 merupakan data dasar yang dapat digunakan untuk membuat kebijakan di berbagai bidang seperti pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lain sebagainya. (Ara)
Halaman sebelumnya
Tags : Sensus penduduk BPS Badan Pusat Statistik SP2020 Loker Lowongan Kerja Jabarnews Berita Jawa Barat Berita terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

SEREMONIA

berita terkait

Penduduk Jabar Diprediksi Capai 50 Juta pada 2020

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi