Optimalkan UPZ Desa, Baznas Ciamis Gencarkan Sosialisasi

JABARNEWS | CIAMIS – Dalam upaya menoptimalkan peran penghimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis gencarkan sosialisasi ditiap Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Desa.

Sekretaris Baznas Kabupaten Ciamis, Kikin Mutakin mengaku bahwa dari sebanyak 7 Kelurahan dan 258 Desa di Kabupaten Ciamis, hanya 80 Desa yang aktif mengumpulkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh melalui Baznas.

“Menurutnya, sebanyak 80 Desa yang telah aktif UPZ’nya tersebut relarif kecil, karena masih banyak Desa yang belum aktif untuk memaksimalkan peran UPZ,” ujar Kikin kepada Jabarnews.com, Jumat (14/2/2020).

Baca Juga:  Kang Emil: SMK Harus di Revitalisasi untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Kikin mengaku, sebelumnya Baznas Ciamis telah memberikan SK Kepengurusan UPZ di tiap Desa se-Kabupaten Ciamis.

Ia menuturkan bahwa di Tahun 2018, Baznas Ciamis telah berhasil menghimpun dana Baznas Ciamis telah berhasil menghimpun dana Zakat, Infak dan Sodaqah sebesar Rp. 5,6 Milyar diluar Zakat Fitrah atau dana Penghimpunan Reguler.

Baca Juga:  Ciptakan Warga Binaan Kreatif, Ini yang Dilakukan Lapasustik Kelas IIA Cirebon

Sedangkan dana yang berhasil disalurkan menurut Kikin sebesar Rp. 4.7 Milyar, dan dana tersebut sebagian besar untuk penyaluran dana Zakat untuk Asnaf Fakir Miskin, dan disusul Asnaf Sabililah.

“Berdasarkan catatan Audit Independen AR Utomo, penghimpunan dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh pada posisi keuangan Tahun 2018 tersebut wajar tanpa pengecualian (WTP),” tutur Kikin.

Sementara berdasarkan catatan di Tahun 2019, penghimpunan zakat Baznas Ciamis telah melampaui target secara signifikan, yakni mencapai Rp. 7.3 Milyar,” ungkap Kikin.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Disangka Penculik oleh Tukang Sol, Simak Kisahnya

Kikin menjelaskan bahwa sebagian besar penghimpunan zakat non fitrah tersebut berasal dari perkembangan unit pengumpul zakat (UPZ) Desa di Kabupaten Ciamis, sedangkan untuk ASN di Ciamis, tercatat 40 Persen yang telah menyalurkan zakatnya ke Baznas Ciamis.

Dengan demikian untuk meningkatkan penghimpunan zakat yang lebih signifikan, Baznas Ciamis akan lebih menguatkan sosialisasi secara continue dan meningkatkan SDM UPZ. (Tny)