Kapolri: Polwan dan Polki Punya Kesempatan yang Sama

JABARNEWS | JAKARTA – Kapolri Jenderal Idham Azis bicara soal kesamaan kesempatan antara Polisi Wanita (Polwan) dan Polisi Laki-laki (Polki) dalam mendapatkan jabatan maupun kenaikan pangkat. Idham juga membuka kemungkinan ada polwan yang diangkat jadi Kapolda dalam waktu dekat.

“Jangan salah kalau 2-3 bulan ke depan ada Polwan yang bisa mungkin saya angkat jadi Kapolda. Itulah komitmen organisasi kita, agar siapa yang terbaik dia yang naik,” kata Idham di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, lansir dari laman ntmcpolri.info, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga:  PTKAI Gelar Program Buka Puasa Dan Sahur Gratis Selama Ramadhan

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi NasDem, Lestari Moerdijat, mendukung wacana yang disampaikan Kapolri.

Lestari menjelaskan pemberdayaan dan kesetaraan perempuan dalam hal karier di polisi memang sudah terlihat sejak masa lalu. Ia mengulas pengangkatan Brigjen (Purn) Rumiah Kartoredjo sebagai Kapolda Banten pada Januari 2008.

Baca Juga:  DMI Ciamis: Shalat Tarawih Di Mesjid Agung Akan Tetap Dilaksanakan

“Saya mengapresiasi Kepolisian RI yang menerapkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam menjalankan karier di institusinya,” kata Lestari, Jumat (14/2/2020).

Baca Juga:  Dalam Pengaruh Alkohol, Pemuda Ini Tewas Tercebur di Danau Ciwideng

Menurut pimpinan MPR yang kerap disapa Rerie itu, pengangkatan Polwan menjadi kapolda merupakan salah satu bukti Polri mengedepankan kesetaraan gender. Rerie menunggu Kapolri merealisasi wacana tersebut.

“Apabila dalam tiga bulan mendatang ada perempuan yang menjabat kapolda, hal itu mencerminkan konsistensi institusi kepolisian dalam upaya pemberdayaan perempuan,” ujarnya. (Red)