Yuk Ikuti Sensus Penduduk Online, Begini Tutorialnya

JABARNEWS | BANDUNG – Saat ini Indonesia menggunakan dua cara dalam pengumpulan data, yaitu melalui survei dan sensus. Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan lembaga yang diberi otoritas penuh di dalam mengumpulkan data-data dasar baik melalui survei maupun sensus.

Tahun ini, BPS akan melaksanakan hajatan besar, yaitu Sensus Penduduk 2020. Ini merupakan pelaksanaan sensus ke-7 di Indonesia. Sensus penduduk dilaksanakan 10 tahun sekali; terakhir dilaksanakan pada 2010.

Sensus Penduduk Online (SPO) dimulai hari ini Sabtu (15/2/2020). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut pengisian SPO paling lama hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit.

Baca Juga:  Sopir Ngantuk Truk Tabrak Pembatas Jalan di Jalur Pantura Subang

Sensus ini digelar secara dua tahapan. Tahapan awalnya adalah mengakses laman sensus.bps.go.id untuk berpartisipasi dalam SPO yang dimulai Sabtu (15/2/2020) hingga tanggal 31 Maret 2020. Setelah itu, masyarakat dapat mengisi data dan menjawab 16 pertanyaan terkait sensus penduduk.

Masyarakat bisa mulai mengisi update data penduduk sendiri mulai hari ini 15 Februari sampai 31 Maret. Setelah memasukkan NIK, nomor KK dan captcha, nanti akan ada pertanyaan, totalnya ada 16 pertanyaan.

Untuk pertanyaannya itu tentang kependudukan, kondisi perumahan, sumber air minum, akan ada pertanyaan tentang diri sendiri seperti umur, jenis kelamin dan pendidikan.

Baca Juga:  Jengkel Warganet Bahas Nathalie Holscher, Sule Tutup Komentar Media Sosialnya

Menyoal waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan SPO, jika masyarakat telah mengantongi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kepala Keluarga (KK) bisa memakan waktu sekitar 5-10 menit.

Adapun langkah-langkah melakukan Sensus Penduduk Online pada tanggal 15 Februari-31 Maret 2020 sebagai berikut:

1. Masuklah ke laman sensus.bps.go.id

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)

3. Klik kotak kosong pada Captcha lalu klik “Cek Keberadaan”

4. Jika pertama kali melakukan akses pada SPO, buatlah kata sand dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik “Buat Password”

5. Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik “Masuk”

6. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik “Mulai Mengisi”

7. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai

8. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya

9. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”

10. Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada email anda dengan terlebih dahulu mengisikan alamat email

Baca Juga:  Tepis Hoaks, PJT II: Bendungan Jatiluhur Masih Terkendali

Sedangkan untuk tahapan kedua adalah pendataan sensus penduduk wawancara pada tanggal 1-31 Juli. Hal itu untuk mengantisipasi masyarakat yang belum melakukan SPO, khususnya para orang tua yang belum melek teknologi. (Red)