Warga Bandung Tumpah Ruah Ramaikan Parade Rumah Bersama

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 6.000 peserta tumpah ruah yang merupakan warga Kota Bandung bersatu dalam acara akbar ‘Deklarasi Rumah Bersama’ di sekitaran Jalan Asia Afrika, Sabtu (15/02). Massa yang terdiri dari lintas agama terlihat antusias mengikuti parade Bandung Rumah Bersama.

Mereka bersatu dalam beragam persatuan umat beragama di Kota Bandung yakni para tokoh agama dan juga dari ‘Kampung Toleransi’ beberapa Kecamatan di Kota Bandung.

“Acara ini diawali dengan deklarasi Bandung Rumah Bersama yang melibatkan jajaran pemerintahan, forum kerukunan umat beragama, kepolisian dan warga Bandung pada umumnya,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Digelarnya parade budaya tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam memelihara dan meningkatkan situasi Kota Bandung yang kondusif. Parade itu juga dalam rangka mewujudkan visi Kota Bandung uang Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis.

Baca Juga:  Kedua Ormas Diminta Hormati Hukum

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan lewat acara parade ‘Bandung Rumah Bersama’ tersebut Pemkot Bandung ingin menyampaikan kepada masyarakat Kota Bandung khususnya, Bahwa Bandung itu merupakan rumah kita bersama.

“Saya mang Oded sebagai Wali Kota dan juga sebagai èmangnya salarea (semuanya, red) dan juga bapak warga Kota Bandung, saya mohon Bandung milik bersama mari kita rawat bersama,” tegasnya disela-sela acara Parade Bandung Rumah Bersama, Sabtu (15/02).

Menurutnya, mudah-mudahan dengan semangat deklarasi Bandung Rumah Bersama Kota Bandung Akan semakin kondusif aman dan nyaman.

Baca Juga:  Cafe Circle Koffie, Tempat Nongkrong Asyik Di Cimahi

“Ibaratnya Bandung itu ada terasnya kita rawat bersama, ada ruang tamunya kita rawat bersama, sampai dapurnya kita rawat bersama,” tuturnya.

Dengan begitu, lanjutnya, kalau sudah aman dan nyaman, Oded berharap dalam membangun Bandung pun insyallah akan lancar.

“Dan kedepanya saya yakin Insya Allah, Bandung akan memiliki sebuah program pembangunan yang begitu besar dan banyak,” papar Oded.

Program-program tersebut dijelaskannya antara lain bidang pembangunan kota dan lingkungan, dan pengelolaan sampah.

“Untuk bidang pembangunan kota, kita akan bangun beberapa Flyover Insya Allah, kemudian urusan-urusan ekonomi akan kita bangun semuanya. Pengelolaan sampah, yang pasti kita bangun semua. Namun melakukan pembangunan tersebut kita butuh suasana kondusif dan warga yang memiliki rasa bahwa Bandung milik kita bersama,” katanya.

Baca Juga:  Hujan Semalaman, Kawasan Perumahan Depok Terendam Banjir

Sementara Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, Ahmad Suherman menegaskan lewat Parade Deklarasi Rumah Bersama dapat membuktikan bahwa Kota Bandung memang kota yang toleran dan rukun.

“Harapan semua pastinya agar warga Kota Bandung rukun dan menjaga toleransi. Semoga dengan begitu tidak akan jadi perpecahan,” tandasnya.

Selain acara parade, beragam pertunjukan seni pun ditampilkan antara lain Calung, Angklung, Reog, Hadroh, Gambus, Marawis, Qosidah, Baleganjur, Barong, Barongsai, Canger, Pujaning Takshu, Wushu, Pencak Silat, Marching Band, dan Paduan Suara. (Red)