Nah Loh! Masker Ternyata Belum Efektif Tangkal Virus Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Bukan dengan masker maupun sarung tangan plastik, rupanya cara terbaik untuk menghindari penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tangan secara rutin, berdasarkan pernyataan penasihat medis untuk maskapai penerbangan dunia.

Dilansir dari Bloomberg.com, virus tak dapat bertahan lama di tempat duduk maupun sandaran tangan. Risiko terinfeksi lebih besar saat melakukan kontak fisik dengan orang lain, seperti yang diungkapkan oleh David Powell, dokter sekaligus penasihat medis untuk International Air Transport Association (IATA).

Masyarakat banyak yang merasa terlindungi dari virus infeksi pernafasan corona atau COVID-19 dengan menggunakan masker, namun kenyataannya penggunaan masker tersebut tidak seratus persen efektif terlindung dari virus.

“Sebenarnya, masker biasa yang tersedia di pasaran tidak seratus persen efektif untuk melindungi dari virus karena virus masih dapat masuk. Selain itu, pengguna harus tahu bagaimana cara mengenakan dan melepas masker dengan benar. Jika Anda mengenakan masker biasa, bagian luarnya masih dapat terpapar virus. Maka, untuk melepasnya, jangan sentuh maskernya, tetapi copotlah masker melalui talinya. Lalu jika sudah langsung buang dan jangan menyentuh lembaran maskernya,” ujar Deputy Director Program for Overseas Program dari Peace Winds Japan (PWJ), Saito, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Baca Juga:  Enam Kecamatan di Garut Dilanda Bencana Alam

Di Jepang sendiri, pemerintah dan sejumlah lembaga nirlaba menerapkan beberapa cara untuk menanggulangi penyebaran virus corona. Misalnya dengan melakukan sistem karantina yang ketat di perbatasan, bandara, dan pelabuhan hingga sosialisasi penggunaan masker yang tepat.

Dengan kondisi penyebaran wabah yang cepat, Saito turut mengajak sebanyak-banyaknya kolaborasi antarbangsa.

“Ada banyak kasus di negara-negara lain termasuk negara-negara Asia, beberapa orang yang mengenakan masker diserang hanya karena mereka mengenakan masker. Kebencian semacam ini yang terjadi hanya karena wabah penyakit. Ini hal yang tidak perlu terjadi, tidak perlu ada benturan antarbangsa hanya karena ini. Yang kita butuhkan saat ini adalah kolaborasi kerja sama satu sama lain untuk menemukan solusi terbaik tidak hanya dalam lingkup nasional, tapi juga antarbangsa maupun komunitas dan masyarakat umum,” jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Saito juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia maupun negara lainnya agar tetap bersikap tenang dan bertindak berdasarkan pengetahuan dari para spesialis.

Baca Juga:  Wow, 46 Sungai Di Kota Bandung Kritis

Masyarakat tetap dapat menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa. Hal ini karena, meskipun virus corona merupakan virus baru dengan sistem yang berubah, akan tetapi tidak beracun. Sehingga, tidak akan menyebabkan kematian secara langsung begitu saja. Namun, yang sangat perlu diperhatikan adalah para lansia yang mungkin sudah mengalami sakit sebelumnya.

“Bahkan masyarakat umum tidak diharuskan membeli masker, yang harus mereka lakukan hanya mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan serta jangan menyentuh area hidung atau wajah secara langsung ketika keluar rumah. Hal Ini lebih penting dari menggunakan masker. Walaupun ini adalah wabah yang luar biasa tetapi masyarakat harus bersikap tenang, karena jika kita panik maka semuanya akan menjadi lebih buruk,” jelas dia.

Sebagai salah satu mitra strategis yang berkolaborasi bersama Peace Wind Japan, Amir Firdaus dari tim Global Philanthropy Network (GPN) – ACT turut menyambut baik sinergi yang akan dilakukan. Hal itu sebagai bentuk kerja sama antarbangsa dalam menemukan solusi terbaik dalam penanggulangan virus Corona.

Baca Juga:  Polisi: Kasus Anji dan Hadi Pranoto Naik ke Penyidikan

“PWJ memberikan beberapa saran bermanfaat yang bisa kita kerjakan terkait penyebaran virus corona, seperti pengiriman bantuan ke negara-negara terdampak. Misalnya, alat-alat kesehatan serta edukasi masyarakat terkait kebersihan yang bisa kita laksanakan di dalam negeri. Sedangkan, untuk misi di Jepang, PWJ siap untuk memfasilitasi jika suatu hari ACT ingin membantu masyarakat di Cina seperti pembagian masker maupun alat-alat kesehatan lainnya,” tambah Amir.

Sebelumnya, ACT telah mendistribusikan sebanyak 2000 masker ke warga Indonesia yang baru saja tiba dari Tiongkok di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng dan terus melakukan kampanye kesehatan.

Selain itu, ACT juga telah mengirimkan 1.610 kotak masker; 1.210 kotak ke Hong Kong, 300 kotak ke Taiwan, dan 100 kotak ke Singapura. ACT terus mengupayakan pencarian stok masker untuk Warga Negara Indonesia maupun masyarakat umum di Hong Kong, Macau, Singapura, dan Taiwan. Untuk dukungan pencegahan virus corona dan berikan bantuan terbaik sebagai langkah nyata melalui www.indonesiadermawan.id/AtasiVirusCorona. (Red)