Wagub Uu Carikan Solusi Peternak Ayam di Ciamis Agar Tak Bangkrut

JABARNEWS | CIAMIS – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan berencana memberikan solusi bagi para peternak ayam petelur maupun maupun peternak ayam pedaging di Kabupaten Ciamis, karena sudah beberapa hari harga daging ayam dan telur ayam di wilayah Ciamis anjlok,

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa permasalahan yang sering dihadapi para peternak ayam tersebut mulai dari segi permodalan, harga pakan maupun obat-obatan yang semakin melambung, hingga masalah tata pengelolaannya yang kurang baik,” kata Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, saat menghadiri Audensi dari Peternak Ayam, di Aula Setda Ciamis, Senin (17/2/2020).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Bakal Salurkan 210 Ribu Ton Beras untuk Rakyat Miskin Setiap Bulan

“Jadi kalau kondisi tersebut dibiarkan, nantinya para peternak ayam pedaging maupun peternak ayam petelur akan terancam bangkrut,” ujarnya.

Untuk itu kata Uu, Pemprov Jabar akan segera mencari solusi agar para peternak ayam di Ciamis tidak bangkrut, sehingga dalam waktu dekat ini kita akan mengundang Kementrian Pertanian untuk meminta kebijakan apa yang harus diambil.

Baca Juga:  Kemenhub Terbitkan SE Pembatasan Angkutan Barang, Ini Jalurnya

Sementara, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengaku bahwa peternak ayam pedaging dan ayam petelur dari Ciamis merupakan penyuplai daging dan telur ayam terbesar di Jawa Barat.

“Ciamis merupakan penyuplai daging terbesar di Jawa Barat, dan penyuplai telur dengan posisi ketiga di Jawa Barat,” ujarnya.

Baca Juga:  Kuasa Hukum TKN Tolak Semua Dalil Tim BPN Prabowo

Yana mengatakan bahwa kondisi peternak ayam dan petelur di Ciamis kian memprihatinkan, dengan kondisi seperti saat ini harus segera dicarikan solusinya.

“Masalah itu muncul mulai dari masalah pakan, vaksin hingga tata kelolanya, olwh sebab itu supaya peternak tidak bangkrut, perlu adanya campur tangan dari pemerintah dalam menyelesaikan persoalan tersebut,” ucapnya. (Tny)