Dari 20 Fasyankes Di Purwakarta Baru 4 yang Miliki IPAL

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dari 20 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, baru 4 yang memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Hal tersebut tentu sangat disayangkan, karena berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014, menyatakan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), salah satunya Puskesmas wajib memiliki IPAL, guna menjaga lingkungan dari limbah Puskesmas.

Masih banyaknya Puskesmas yang belum memiliki IPAL tersebut dibenarkan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  60 Ribu Guru Honorer, Diprioritaskan Jadi PNS Tahun Ini

Kasi Sumber Daya Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta, Yandi mengatakan 4 fasyankes pemerintah daerah yang sudah memiliki IPAL tersebut yaitu 3 Puskesmas dan 1 Laboratorium Purwakarta Kota.

“Untuk Puskesmas yang sudah punya IPAL diantaranya Puskesmas Sukatani, Darangdan dan Purwakarta Kota,” kata Yandi, Senin (17/2/2020).

Yandi menambahkan, ke depan ada 8 Puskesmas yang tahun ini akan segera memiliki IPAL, terutama untuk Puskesmas yang rawat inap.

Baca Juga:  Korlantas Siapkan Pengamanan di Jalur Mudik Lebaran 2022

Menanggapi hal tersebut, Ketua LSM Generasi Masyarakat Peduli Alam & Lingkungan Hidup (Gempal) Nurwali, merasa prihatin.

Menurutnya, bila ada fasyankes, seperti Puskesmas maupun klinik yang tidak mengindahkan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014, maka izin operasionalnya akan dicabut.

“Tujuan Permenkes tersebut semata-mata untuk memastikan lingkungan sekitar terjaga dari limbah fasyankes,” tegasnya.

Oleh karena itu, Nurwali meminta Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika untuk menindaklanjuti dan memerintahkan jajarannya agar seluruh Puskesmas dan Fasyankes milik pemerintah daerah dan swasta bisa memiliki IPAL sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

Baca Juga:  Lima Remaja Digerebek Warga Saat Melakukan Pesta Miras, Begini Ceritanya

“Dalam waktu dekat kita akan mengirimkan surat ke Bupati Purwakarta untuk lebih memperhatikan kesehatan lingkungan karena akan berdampak langsung oleh masyarakat, salah satunya meminta seluruh Puskesmas di Purwakarta memiliki IPAL,” kata Nurwali. (Aha)