Renovasi Jembatan Asa, Satukan Pemuda Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kondisi jembatan gantung sebagai jalur alternatif penghubung Kampung Tegalmalak, dengan Kampung Belendung, Desa Ciririp Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sangat memprihatinkan. Padahal jembatan ini sering dilewati oleh pelajar dan masyarakat yang mau melintas ke Desa Ciririp atau sebaliknya.

Melihat kondisi tersebut, Komunitas Pecinta Alam Sukasari (Kompas), dan pemuda Kecamatan Sukasari, mengajak elemen pemuda serta komunitas yang lainnya untuk peduli dan bersama-sama merenovasi jembatan yang dikenal dengan Jembatan Asa tersebut.

“Jika tidak kita perbaiki sekarang maka akan bisa menghambat aktifitas masyarakat, seperti anak-anak Kampung Belendung dan Kampung Lame, Desa Sukasari yang akan bersekolah ke Mts Nurul Qolbi, Desa Ciririp,” kata Pembina Kompas, Mochamad Aripin, saat ditemui di sela-sela kegiatan, Sabtu (15/2/2020).

Baca Juga:  Diskominfo Purwakarta Sosialisasikan Protokol Kesehatan 3M

Selain itu, lanjut dia, jembatan gantung dengan panjang 22 meter dan lebar 1,2 meter merupakan akses ekonomi masyarakat dan juga sering digunakan Ibu-ibu menuju majelis taklim.

“Sebenarnya ada jembatan utama namun jarakanya lumayan jauh. Sedangkan dengan melalui jembatan alternatif ini warga bisa menghemat jarak dan waktu,” ungkap Aripin.

Dengan mengajak berbagai komunitas dilaksanakan renovasi jembatan Asa ini melalui kegiatan kerja bakti bergotong royong. Selain renovasi Jembatan Asa, Lanjut dia, Pihaknya juga mengajak untuk memperbaiki Mushola Al-Hidayah Kampung Belendung RT 07/04 Desa Sukasari.

Baca Juga:  Ini Langkah Tegas PT KAI Daop 3 Cirebon Tertibkan Aset Rumah Perusahaan

“Selain merawat fasilitas umum, program ini mampu memupuk rasa kepedulian dan persatuan pemuda dan masyarakat Kecamatan Sukasari, Umumnya Kabupaten Purwakarta. Kepedulian dan persatuan ini diharapkan mampu membawa Sukasari menjadi lebih maju,”harapnya.

Untuk diketahui, Renovasi Jembatan Asa di support oleh 15 Komunitas yang ada di Jawa Barat diantaranya yaitu, MPC Pemuda Pancasila, Informasi Purwakarta Terkini (INPUT), FAKTA Purwakarta, PWI Peduli, Alba Ngopi, Oi BPKEL Sukasari, Ekpedisi 1000 Jembatan Gantung, Komunitas Panjat Tebing Merah Putih, Vertical Rescue Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Purwakarta, Viking Sukasari Raya (VSR), Perguruan Silat Bima Suci Purwakarta, OK OC Air Mineral, Jabarnews.com, Radio Reksa 99.9 FM, Purwakarta Tv, PB Permata, X-Friens Jawa Barat, juga BSJBN Regional 1 Komunitas Beat Street Jawa Barat yaitu Beat Street Riders Bekasi, Street Independent Karawang, serta Street Independen Purwakarta. (Gin)

Baca Juga:  Polresta Cirebon Berhasil Gagalkan Penyeludupan Narkoba Dalam Sandal