Menlu Sebut Tiga WNI Positif Terinfeksi COVID-19

JABARNEWS | BANDUNG – Sedikitnya tiga orang WNI dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Ketiga WNI itu merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess. Di kapal pesiar tersebut, terdapat 78 orang WNI. Namun hanya tiga orang yang dinyatakan terinfeksi.

Ketiga WNI menambah kasus positif virus corona di kapal pesiar tersebut. Hingga Selasa (18/2/2020) sebanyak 456 orang di kapal pesiar itu dinyatakan positif mengidap virus corona.

“Berdasarkan komunikasi terakhir termasuk pembicaraan dengan dubes Jepang, diperoleh info bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan positif terinfeksi corona. 3 WNI tersebut adalah dari total 446 per saat ini yang dikonfirmasi positif,” ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi usai konferensi media di Jakarta.

Baca Juga:  ‎Majalengka Rawan Bencana, Bupati Minta Masyarakat Waspada

Retno juga mengaku sempat berkomunikasi melalui telepon dengan awak kapal Indonesia dari Diamond Princess Cruise di Jepang. Hingga saat ini Pemerintah Indonesia terus memonitor dengan cermat semua perkembangan di kapal pesiar tersebut.

“Saya juga menyampaikan harapan saya untuk semua anggota kru Indonesia untuk menjaga semangat, tetap aman dan sehat,” ungkapnya seperti dikutip dari Twitter Menlu.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Kaget Bertemu Pemulung Tertidur Lama di Trotoar Kota Bandung

Melalui Duta Besar Jepang, Masafumi Ishii, Retno juga meminta Jepang untuk terus memberikan informasi tentang perkembangan kondisi anggota kru asal Indonesia tersebut. Juga meminta Pemerintah Jepang untuk memberikan perhatian kepada anggota kru, termasuk kru Indonesia.

Dua WNI yang dinyatakan positif terjangkit virus corona telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, sementara satu WNI sedang menjalani proses menuju rumah sakit.

“Per detik ini saya belum dapat menyampaikan satu WNI itu akan dibawa ke rumah sakit mana,” ujar Menlu, merujuk pada perkembangan situasi yang sangat dinamis.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Minta Oknum Pemalsu Tiket Konser Coldplay Ditindak Tegas

Pagi ini, tim dari KBRI Tokyo sudah berada di Chiba untuk memastikan WNI yang dirawat mendapat penanganan terbaik dari otoritas Jepang.

Di saat yang sama, KBRI juga terus melakukan komunikasi dengan para kru WNI yang masih berada di dalam kapal.

Sejak 5 Februari 2020, kapal Diamond Princess dikarantina di pantai Yokohama akibat infeksi COVID-19. Kapal itu membawa 3.714 orang yang terdiri dari 2.666 penumpang dan 1.045 kru dari 56 negara. (Ara)