Pemkab Cianjur Siap Beri Dukungan Penuh Bagi Pemuda Berprestasi

JABARNEWS | CIANJUR – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan seorang pelajar SMP asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bernama Moch Afzal Mulkan Djunaedi (14). Belum lama ini, siswa kelas 9 SMP Islam Al Azhar 20 Cianjur itu sukses menyabet gelar juara di kompetisi World Robotic For Peace 2020 di Johor Bahru, Malaysia.

Mengetahui prestasi yang membanggakan dari putra Cianjur, menjadikan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan memberikan dukungan penuh baik moril ataupun materil guna mendukung anak muda berprestasi yang bisa membawa nama baik Cianjur di berbagai bidang seperti olahraga, kesenian atau kegiatan luar sekolah.

“Saya mengapresiasi pelajar SMP asal Cianjur bernama Moch Afzal Mulkan Djunaedi (14) yang berhasil menjuarai kompetisi World Robotic For Peace 2020 di Johor Bahru, Malaysia,” kata Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Rabu.

Baca Juga:  Wagub Jabar Tutup Belasan Tambang Ilegal di Tasikmalaya

‌Herman yang menerima Afzal di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, mengatakan ata snama pribadi dan pemda sangat bangga ada anak muda Cianjur yang bisa berprestasi di tingkat internasional.

‌”Ini merupakan kebangaan bagi Pemkab Cianjur, ada anak mudanya yang berprestasi di tingkat internasional. Atas nama masyarakat Cianjur, kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya,” kata Herman.

Aboy, panggilan sang juara itu menyabet dua gelar sekaligus di kontes yang diikuti 11 negara itu, yakni Juara I untuk kategori Maze Solving dan Juara III kategori Battle Maze.

Pemkab Cianjur, menyatakan siap diminta untuk memberikan dukungan baik moril ataupun materil dengan harapan ada Aboy lain yang dapat mendulang prestasi dan menjadi inspirasi bagi anak muda Cianjur.

Baca Juga:  Sang Mantan Presiden ACT Ahyudin Percaya Diri Sebut Wajar Gajinya Besar

“Prestasi dunia seperti yang ditorehkan Afzal ini, harus ditingkatkan mengingat Indonesia memiliki visi Indonesia Emas pada 2045, anak yang seperti ini yang harus disiapkan, tidak hanya teknologinya termasuk juga akhlaknya,” ungkap Herman.

‌Sementara Kepala SMP Islam Al Azhar Dede Kadarsman, mengatakan dukungan dari Bupati Cianjur, menjadi modal penting untuk pihak sekolah agar dapat terus mendidik muridnya membawa nama Cianjur ke tingkat internasional.

‌”Bentuk dukungan dari Pemkab Cianjur, bagi kami adalah satu kekuatan bahwa kami harus terus mempersiapkan kembali putra-putri terbaik kami untuk mengukir berprestasi. Afzal salah satunya telah menjuarai berbagai kompetisi tingkat internasional,” katanya.

Afzal ungkap dia, keberhasilan menciptakan robot kategori Maze Solving dan Sumo. Robot Maze Solving merupakan robot yang difungsikan untuk mengikuti pola yang sudah ditentukan sebelumnya dan robot Sumo merupakan robot yang difungsikan untuk bertarung dengan robot lainnya.

Baca Juga:  Liga 1 Mulai 20 Agustus? Pelatih Persib: Tidak Ada Pernyataan Resmi

Sedangkan Aboy mengaku bangga mendapat undangan langsung dari Plt Bupati Cianjur, selama ini dia dan beberapa orang temannya telah meraih prestasi dibidang yang sama di dua negara seperti Singapura dan Jepang.

“Banga bercampur senang karena diundang bupati ke pendopo. Harapan saya dapat mendulang prestasi di tingkat yang lebih tinggi dengan mengharumkan nama Cianjur dan Indonesia,” katanya.

Dengan lomba di Malaysia tercatat sudah tiga gelar juara internasional yang dikantongi Aboy seperti di Singapura menjadi juara 2 dan di Jepang menjadi juara tiga dalam ajang robotic. (Adv)