Gong Pemilihan Ketum IKA UNPAD Resmi Digaungkan

JABARNEWS | BANDUNG – Alumni adalah representasi kualitas perguruan tinggi. Begitu prinsip yang dipegang Universitas Padjadjaran (Unpad). Bagi Unpad, Ikatan Alumni (IKA) sebagai wadah organisasi keluarga alumni dalam menjaga eksistensinya dalam pembangunan di tingkat nasional maupun dunia.

Gong kontestasi Pemilu Raya Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) Tahun 2020 resmi digaungkan setelah penetapan Peserta Pemilihan Ketua Umum IKA Unpad, pengundian nomor urut calon, serta deklarasi kampanye pemilu raya damai dilaksanakan di Sekretariat IKA Unpad Jln. Singaperbangsa No. 1 Bandung pada Rabu, 19 Februari 2020.

Antusiasme yang cukup tinggi dari para alumni menghasilkan nama-nama terbaik dimana seluruh calon yang diverifikasi berhasil lolos sebagai Peserta Pemilihan Ketua Umum IKA Unpad. Nama-nama tersebut berdasarkan undian nomor urut adalah :

1. Tatan Pria Sudjana, S.Si., M.H.

2. Dr. Tasdiyanto, S.P., M.Si.

3. Dr. Ary Zulfikar, S.H., M.H.

4. Dr. Hadiyanto, S.H., LL.M.

5. Irawati Hermawan, S.H., M.H.

6. Dr. H. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP., M.Si.

Semua dokumen persyaratan dukungan dan kelengkapan telah diverifikasi oleh panitia Mubes dan Pemilu Raya IKA Unpad. Dukungan calon bisa didapatkan minimal dari dua Komisariat baik Komisariat Fakultas atau Komisariat Daerah, serta dari dukungan perseorangan dengan jumlah minimal 250 dukungan alumnus Unpad disertai tanda tangan dan kartu identitas.

Baca Juga:  ASN Purwakarta Siap 'Rereongan' Bantu Terdampak PSBM

Seperti halnya Tatan Pria Sudjana, S.Si., M.H mendapat dukungan dari Komisariat Daerah Cibandar (Ciamis, Banjar, Pangandaran), Cirebon dan Tasikmalaya. Dr. Tasdiyanto, S.P., M.Si. mendapatkan dukungan dari Komisariat Fakultas Pertanian dan Komisariat Daerah Kalimantan Timur.

Selanjutnya Dr. Ary Zulfikar, S.H., M.H. maju dari jalur dukungan perseorangan dengan terverifikasinya dukungan lebih dari syarat minimal sejumlah 250 alumni Unpad. Dr. Hadiyanto, S.H., LL.M. mendapatkan dukungan dari Komisariat Daerah Banten dan Komisariat Fakultas Psikologi.

Berikutnya Irawati Hermawan, S.H., M.H. mendapatkan dukungan dari Komisariat Daerah Lampung, Komisariat Fakultas Kedokteran Gigi, Komisariat Fakultas Ilmu Budaya dan Komisariat Fakultas Hukum. Sedangkan Dr. H. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP., M.Si. mendapatkan dukungan dari Komisariat Fakultas MIPA & FTIP.

Keenam calon tersebut kini bersiap untuk menghadapi masa kampanye yang berlangsung dari 19 Februari hingga 4 April 2020. Kampanye dapat dilakukan melalui berbagai platform seperti tatap muka, media sosial, media massa, dan publikasi di ruang umum yang semua merujuk pada peraturan yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  MUI Cianjur Buka Suara Soal Teror Makhluk Gaib di Rumah Horor di Citengkor

Para calon ketua akan diundang pada Gala Dinner “Malam Terima Kasih Alumni” yang mengundang para alumni terbaik Unpad dari berbagai profesi sebagai ajang silaturahmi dan titik temu visi keluarga besar Unpad di Jakarta pada 12 Maret 2020.

Melalui tema “Hayu Babarengan Ngapungkeun Unpad”. Panitia akan memfasilitasi Dialog Publik dan Pemaparan Visi Misi Calon Ketua IKA Unpad pada tanggal 20 Maret 2020. Partisipasi dalam kontestasi Pemilu Raya IKA Unpad sebagai bentuk komitmen keenam kontestan terkait keguyuban alumni Unpad dan kemajuan almamater.

Dalam catatan perjalanan usia Unpad yang menginjak 62 tahun, Unpad telah melahirkan hampir 300.000 alumni yang tersebar di multi sektor baik nasional maupun internasional. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para kandidat untuk menuangkan ide dan gagasannya untuk menjadikan Unpad dengan segala potensi dan jejaring yang dimilikinya sebagai motor penggerak pembangunan.

Baca Juga:  Indonesia Punya GHP Tarbanyak di Asia Tenggara, Mampu Produksi hingga 199 Ton Hidrogen per Tahun

Ketua panitia Mubes dan Pemilu Raya IKA Unpad, Slamet Usman Ismanto, menghimbau kepada seluruh alumni agar berpartisipasi aktif dalam agenda Pemilu Raya dan Reuni Akbar. Proses pendataan pemilih dalam Pemilu Raya IKA Unpad dilaksanakan mulai 1 Maret 2020 sampai dengan hari H pelaksanaan pada 4 April 2020.

“Suara alumni Unpad sangat berpengaruh bagi kemajuan alumni Unpad dan almamater. Apalagi dalam visi besar Unpad, satu alumni harus memberi satu mashlahat demi mewujudkan Unpad sebagai kampus 500 besar dunia” ujar Slamet Usman Ismanto.

Sistem registrasi pemilih akan melibatkan data center Universitas Padjadjaran sebagai institusi resmi yang mengeluarkan database alumni untuk memverifikasi nama alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Lebih jauh ia mengungkapkan bahwa target panitia adalah menghadirkan 5.000 alumni untuk menyukseskan Pemilu Raya dan Reuni Akbar IKA Unpad,” tegasnya.

Pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2020-2024 akan kembali menggunakan sistem one man one vote secara langsung di kampus Universitas Padjadjaran Dipatiukur, Jln Dipatiukur, Kota Bandung, Sabtu 4 April 2020. (Red)