Menko PMK Usulkan Menag Bikin Fatwa Orang Kaya Nikahi Si Miskin

Usulan Menko PMK Muhadjir Effendy itu bisa menjadi solusi mencegah meningkatnya angka kemiskinan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengusulkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi agar menerbitkan fatwa tentang pernikahan lintas ekonomi. Muhajir beralasan, fatwa itu bisa menjadi solusi mencegah meningkatnya angka kemiskinan.

Muhadjir mengamati ada fenomena di mana kecenderungan seseorang untuk menikah dengan yang memiliki kondisi ekonomi setara, misal si kaya dengan si kaya, atau si miskin dengan si miskin. Fenomena inilah yang menurut Muhadjir lahirnya keluarga miskin baru.

Baca Juga:

Oded Keluhkan Pendapatan Pajak Air di Kota Bandung Masih Kurang

Isu Pemilu Kota Tasikmalaya Mencuat, Survei LSI: Popularitas Dede Sudrajat Tertinggi



"Salah satu yang saya amati walaupun belum penelitian mendalam, perilaku ini adalah dipengaruhi perilaku masyarakat di mana orang mencari kesetaraan. Yang kaya mencari sesama kaya, yang miskin juga cari sesama miskin. Karena sesama miskin, lahirlah keluarga baru yang miskin," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan. Kamis (20/2/2020).

Muhajir memaparkan data angka rumah tangga miskin di Indonesia saat ini sudah mencapai 5 juta keluarga dari sekitar 57 juta keluarga.

"Rumah tangga Indonesia 57.116.000, yang miskin 9,4 persen, itu sekitar 5 juta. Kalau ditambah status hampir miskin itu 16,8 persen, sekitar hampir 15 juta," kata Muhajir
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Menko PMK Usulkan Fatwa Kementerian Agama Angka Kemiskinan Mendikbud Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Ragam Wisata Kuliner Bandung, Cocok Untuk Kalian Kunjungi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi