Mentan RI Launching Sikomandan Di Sergai

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan launching Sikomando (Sapi kerbau komoditas andalan negeri) di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (20/2/2020).

Syahrul mengatakan, Sikomandan adalah program untuk meningkatkan penghasilan peternakan yang ada di Provinsi Sumatera Utara yang merupakan salah satu pilar kekuatan bangsa dikenal masalah pertanian dan peternakan.

Baca Juga:  Keren! Penyanyi Putri Ariani Bikin Juri America's Got Talent 2023 Terpukau

“Dengan Sikomandan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian peternak yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai,” katanya.

Selain itu, ujar Syahrul, dalam rangka meningkatkan perekonomian peternak diharapkan adanya kemauan, semangat, kebersamaan dan kekompakan antara pemerintah dan masyarakat untuk memberikan ruang bagi para peternak.

“Dalam memajukan peternakan harus kompak dan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat,” ucap Syahrul.

Baca Juga:  Inilah 80 Kategori Franchise Raih Indonesia Digital Popular Brand Award

Sementara itu, Bupati Serdang Bedagai Soekirman mengatakan, program sapi indukan wajib dilakukan di Serdang Bedagai. Keberhasilan program tersebut sudah membuktikan hasil produksi anak sapi sangat baik.

“Dengan Sikomandan nantinya hasil peternakan di Kabupaten Serdang Bedagai dapat lebih baik dan menjadi penghasil daging sapi di Sumatera Utata,” kata Soekirman.

Kabupaten Serdang Bedagai, tambah Soekirman, juga salah satu penghasil padi di Sumatera Utara yang juga membutuhkan tenaga penyuluh yang maksimal. Namun saat ini Serdang Bedagai masih kekurangan tenaga PPL. Untuk itu diharapkan Menteri Pertanian dapat menambah tenaga PPL di Kabupaten Serdang Bedagai.

Baca Juga:  Kampung Ini Jadi Lokasi Wisata Edukasi di Kabupaten Purwakarta

“Kita minta pak Menteri Pertanian agar menambah anggota PPL agar pertanian lebih berkembang,” katanya. (Ptr)