DPRD Jabar Usul Situ Rawa Binong Jadi Ikon Kabupaten Bekasi

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Irpan Haeroni mendorong salah satu destinasi parawisata Situ Rawa Binong untuk menjadi ikon Kabupaten Bekasi.

Dia mengatakan, pada Reses ke-1 DPRD Jabar dirinya memprioritaskan Situ Rawa Binong untuk dibangun tempat wisata. Menurutnya, di Bekasi belum ada destinasi parawisata yang dapat menarik minat wisatawan lokal maupun manca negara.

“Kita dorong karena memang di Bekasi itu belum ada destinasi wisata yang bagus. Kita prioritaskan itu, kebetulan kita sudah berkoordinasi dengan dewan Kabupaten Bekasi,” kata Irpan kepada jabarnews.com di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Jum’at (21/2/2020).

Baca Juga:  Ada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Ajang Grammy Awards 2022, Tujuannya Apa, Ya?

Dia menjelaskan, situ tersebut akan dibangun resto, tempat tongkrongan, lapangan tempat joging, dan taman. Proses pembenahan akan dilakukan secara bertahap, di tahun 2020 sendiri, dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi senilai Rp. 1,8 miliar untuk pembenahannya.

“Kita mancing dulu bahwa itu sudah diperhatikan sama Kabupaten. Nanti tinggal apa ada permohonan bantuan keuangan ke provinsi, kita tinggal berjuang supaya bisa dianggarkan di provinsi,” ujarnya.

Selain destinasi wisata, Situ Rawa Binong juga diharapkan bisa menjadi ikon Kabupaten Bekasi. Karena, lanjut Irpan, sampai saat ini belum ada ikon yang mempunyai ciri khas dari Bekasi.

Baca Juga:  Peduli Covid-19, Bikers Brotherhood 1% Cek Point Tasiban Gelar Aksi Sosial

“Kabupaten Bekasi itu harus ada ikon jangan sampai icon Kabupaten bekasi itu diambil sama pengusaha-pengusaha develover, perumahan-perumahan. ikon Bekasi Lippo, meikarta jangan sampai diambil. Makanya kita harus cepet-cepet, Kabupaten Bekasi itu harus punya icon,” jelasnya.

Sebelumnya, ucap Irpan, di Kabupaten Bekasi ada Gedung Juang yang merupakan heritage dan sempat dijadikan ikon. Namun, heritage tersebut dijadikan kantor Damkar dan seni budaya serta kurang terurus membuat tidak menarik untuk destinasi wisata.

Baca Juga:  Berikut Hasil Evaluasi PSBM 6 Daerah di Jabar, Simak

“Enggak menarik untuk didatengin. Makanya kita buat ikon yang lain, mudah-mudahan Bupati setuju,” ucapnya.

Anggota Fraksi Gerindra ini juga menyampaikan, bahwa potensi pariwisata di Bekasi sangat banyak diantaranya Situ Abidin, Situ Rawa Binong, Pantai Beting, Kali Malang, Danau Limo dan Hutan Kota yang bisa menjadi objek wisata jika dibenahi dan dikelola dengan benar.

“Cuman memang belum dikemas menjadi tempat pariwisata itu saja. Tinggal dikemas, makanya kita desak bupati kita kasih masukan, usulan supaya itu cepet-cepet dibenahi supaya lebih menarik,” tutupnya. (Adv)