Ingin Ambil Gambar Galaksi, Ini Tempat yang Cocok

JABARNEWS | BANDUNG – Milkyway atau Galaksi Bimasakti merupakan nama galaksi tempat di mana bumi yang kita tempati berada. Mungkin Anda sudah pernah melihat foto rupa galaksi Bimasakti dari berbagai sumber, seperti NASA dan LAPAN. Namun, pernahkah diketahui dari mana atau di mana lokasi untuk mengambil gambaran rupa galaksi Bimasakti?

Nah, bagi yang ingin mengabadikan sendiri bagaimana rupa “lukisan langit” di malam hari, dilansir dari laman idntimes.com, tempat-tempat di bawah ini merupakan tempat yang dapat digunakan untuk mengambil gambaran gugusan bintang dan isi galaksi Bimasakti dari dalam bumi.

Belitung.

Pernah menonton film Laskar Pelangi? Jika iya, tentunya tidak asing dengan Pulau Belitung, pulau yang menjadi lokasi syuting film fenomenal Laskar Pelangi. Ya, di Pulau Belitung yang minim akan polusi cahaya, dan dapat memotret gugusan bintang yang terdapat dalam galaksi bima sakti atau biasa disebut dengan stargazing.

Baca Juga:  Ini Pesan Kiai Said Aqil kepada AHY

Ranu Kumbolo, Jawa Timur.

Bagi yang memiliki hobi mendaki tentunya sudah tidak asing mendengar kata Ranu Kumbolo, salah satu danau yang berada di ketinggian kaki gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni gunung Semeru. Melalui Ranu Kumbolo, Anda dapat melihat gugusan cahaya di atas langit seperti debu berterbangan hingga galaksi Bimasakti.

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo.

Milky Way juga dapat dilihat dari dataran tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah tepatnya pada pukul 23.00 hingga 03.00. Anda harus memastikan untuk membawa dan memakai pakaian hangat saat berada di dataran tinggi Deing, karena karena suhu di dataran tinggi dieng pada siang hari sudah dingin terlebih ketika malam hari.

Baca Juga:  Ungkap Honor Main di Film Dewasa, Maria Ozawa: Sekarang Turun Banget

Gunung Bromo.

Gunung Bromo adalah salah satu gunung yang dikenal akan pasir berbisiknya ini juga memiliki pemandangan Milky Way yang indah. Bagi yang hendak mengunjungi Gunung Bromo sekaligus memandangi dan mengabadikan Milky Way, waktu yang tepat adalah antara pukul 01.00 hingga 04.00 dan sebaiknya pada musim kemarau yakni sekitar bulan April hingga September. Milky Way di Gunung Bromo ini banyak diakui wisatawan asing sebagai Milky Way terbaik di dunia.

Segara Anakan, Nusa Tenggara Barat.

Segara Anakan merupakan danau yang terletak di kawah Gunung Rinjani yang menyimpan berjuta keindahan, Milky Way salah satunya. Anda dapat menikmati stargazing di tepian Segara Anakan yang memiliki air yang sebening kaca dan memantulkan gemerlap cahaya bintang-bintang di langit.

Baca Juga:  HUT Ke-56 Resimen Armed 2/1 Kostrad, Ini Pesan Danmen

Tempat yang dapat digunakan untuk menyaksikan Milky Way memanglah rata-rata ditemukan di daerah gunung, pantai dan tempat yang minim polusi optik atau sedikit pencahayaan dari gemerlap lampu-lampu kota, sehingga Anda perlu perjuangan ekstra untuk dapat menikmati Milky Way. Selain itu, cara mengabadikan Milky Way melalui kamera pun harus disesuaikan dan diatur sedemikian rupa agar cahaya yang masuk ke adalam kamera dapat menangkap objek yang sangat jauh dari bumi. (Red)