bjb

Kala Guru Honorer Menjadi Beban APBD

Kanti Rahmillah, M.Si, Praktisi Pendidikan (Foto: Kanti)

Penulis : Kanti Rahmillah, M.Si (Praktisi Pendidikan)

Potret buram pendidikan Indonesia, belum juga menemui akhirnya. Padahal, pendidikan adalah satu pondasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Masa depan Indonesia berangkat dari tata kelola pendidikan yang baik, sehingga akan melahirkan generasi yang siap memajukan bangsa. Termasuk tenaga pendidik yang sangat berpengaruh terhadap kualitas peserta didik.

Baca Juga:

Majalengka Kurang Guru, Libatkan Tenaga Honorer

Kejari Bekasi Himbau Warga Cermati Penggunaan Dana Desa



Dilansir dari detik.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa anggaran pemerintah pusat terbebani oleh kehadiran tenaga honorer. Pasalnya, Pemerintah Daerah dengan PAD (Penghasilan Asli Daerah) yang rendah, kerap meminta pusat untuk memenuhi gaji tenaga honorer di daerahnya.

“Kalau daerah masih menggunakan honorer silakan, tapi pakai dana APBD, jangan pakai pusat. Semuanya harus jelas anggarannya," kata Tjahjo (detik.com, 25/01)
Halaman selanjutnya
Tags : Guru Honorer Anggaran Honore APBD APBN Dunia Pendidikan Penguasa Ekonmi Negara Akademistik Jabarnews Berita Jawa Barat Berita terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal Jurnal Warga Warga PUrwakarta

berita terkait

APBD Purwakarta Tahun 2018 Mendapat Predikat WTP dari BPK

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi