KPU Karawang Verifikasi Berkas Dukungan Calon Independen

JABARNEWS | KARAWANG – Menjelang Pilkada Karawang 2020, sejumlah partai politik sudah melakukan berbagai persiapan. Termasuk mempersiapkan sejumlah kadernya untuk dimajukan pada pilkada nanti.

Beberapa kandidat kepala daerah sudah bermunculan. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dipastikan akan mencalonkan kembali. Begitu juga dengan Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang segera memverifikasi berkas dukungan calon bupati dan wakil bupati Endang-Asep Agustian yang maju melalui jalur perseorangan.

Baca Juga:  Begini Cara Agar Mobil Kalian Terhindar Dari Pencurian

“Berkas dukungan terhadap pasangan ENAK (Endang-Asep Agustian) sudah kami terima. Selanjutnya akan diverifikasi,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat Miftah Farid, di Karawang, Sabtu (22/2/2020).

Ia mengatakan, berkas dukungan pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Karawang minimal 108.548 dukungan atau 6,5 persen dari jumlah pemilih. Dukungan masyarakat itu harus tersebar minimal di 16 kecamatan.

Baca Juga:  Pesan Plt Bupati Cianjur kepada Penerima Bansos Sembako

Untuk sementara ini, KPU Karawang baru menerima berkas dukungan dari satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Karawang, yakni pasangan Endang-Asep Agustian.

“Di Karawang, jumlah pemilihnya di atas 1 juta orang. Jadi minimal berkas dukungannya 108.548 (6,5 persen dari jumlah pemilih),” kata dia.

Baca Juga:  20 Sekolah di Jawa Barat Dapat Predikat Sekolah Sehat

Pihak KPU Karawang akan melakukan pengecekan jumlah dukungan pada 19 Februari-26 Februari, serta verifikasi administrasi pada 27 Februari-25 Maret.

Selain itu, akan dilakukan verifikasi faktual di tingkat desa dan kelurahan pada 26 Maret-15 April. (Red)