Pilkades Serentak di Cianjur Digelar Hari Ini

JABARNEWS | CIANJUR – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Cianjur periode 2020-2026 dimulai hari ini, Minggu (23/2/2020). Pilkades serentak tahun 2020, di Cianjur, diikuti sebanyak 247 desa di 32 kecamaatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala DPMD Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial mengatakan, yang mengikuti Pilkades serentak saat ini ada sebanyak 247 desa di 32 kecamatan.

“Ya, dilaksanakan pada karena masa jabatan sudah habis pada masa waktunya,” katanya.

Bahkan, Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, sebelumnya telah mempersiapkan untuk kucuran biaya anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020-2026 mencapai angka sekitar Rp.11 miliar.

Baca Juga:  Polres Cirebon Tingkatkan Kewaspadaan

Ahmad menambahkan, anggaran bantuan tersebut mencapai sekitar Rp.10,8 miliar sampai Rp.10,9 miliar. Nah, angka itu diperuntukkan bagi semua panitia Pilkades, dengan ketentuan semua penyelenggara desa yang melaksanakan. Angka tersebut tidak dipukul rata kepada 248 desa yang melaksanakan pilkades.

“Pilkades diberi alokasi dasar Rp.20 ribu, semua kemudian ditambah dengan jumlah DPT kali Rp5.000,” katanya.

Baca Juga:  Pengakuan Jurnalis Positif Corona Sembuh Tanpa Obat

Pantauan JabarNews disalah satu pelaksanaan pilkades di Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber dan Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, terlihat warga antri menyalurkan hak suara.

Terpisah, Ketua Pilkades Peuteuycondong, mengatakan terdapat lima calon kades di Desa Peuteuycondong, dan empat calon di Desa Sukaratu, memperebutkan kursi jabatan pucuk pimpinan. Diantaranya M Ukasah Condre (nomor urut 1), lalu Ir H Yuyun (nomor urut 2), Hen Hen Saepul (nomor 3), Drs Isep Nawawi (nomor 4), dan terakhir nomor urut 5 yaitu Imam Ibrahim (incambent) sebagai petahana.

Baca Juga:  Pendaftaran Calon Pilkada Depok Tinggal Sebulan, Golkar dan PSI Tunggu Ini

“Insyaallah, kelima calon siap menerima kalah dan menang. Kami berharap pelaksanaan hingga rampung nanti berjalan aman dan kondusif, artinya tidak ada problem sesuai harapan kang,” pungkas Atang.

Dia mengatakan warga yang sudah hadir langsung diarahkan mengikuti prosedur pemilihan yang sudah ditetapkan oleh Panitia Pilkades yakni menunjukkan surat undangan memilih kepada panitia, mendapatkan surat suara, melakukan pencoblosan di bilik suara, memasukkan surat ke kotak suara dan menandai jari tangan dengan tinta. (Mul)