Olahraga Petanque Mulai Digemari Masyarakat Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Setelah diperkenalkan secara langsung oleh Federasi Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Ciamis sekitar pada beberapa Bulan yang lalu, olahraga Petanque kini kembali diperkenalkan melalui ajang Turnamen yang digelar langsung melalui Club Petanque Nagawiru Kabupaten Ciamis, di Lapangan Koni Kabupaten Ciamis, Minggu (23/2/2020).

Menurutnya, ajang Turnamen Double Open Petanque yang digelar selama 2 Hari tersebut bertujuan untuk mempersiapkan bibit atlit yang handal untuk persiapan menuju laga yang akan datang.

“Ia mengatakan, Turnamen yang telah diikuti sebanyak 54 Tim yang berlaga tersebut telah mendapat dukungan penuh dari Federasi Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Ciamis,” kata Ketua Club Petanque Nagawiru Kabupaten Ciamis, Dian Ghozin.

Baca Juga:  Innalillahi, Plt Bupati Sidoarjo Dikabarkan Meninggal Dunia Karena Covid-19

Ghozin memandang bahwa keberadaan Olahraga Petanque di Kabupaten Ciamis telah mendapat respon yang baik dari masyarakat, jadi bisa dikatakan peminat olahraga Petanque di Ciamis lumayan cukup banyak.

“Peminat olahraga tersebut tidak hanya di kalangan usia anak maupun remaja, bahkan usia lanjut pun lumayan cukup peminatnya.

Untuk itu menurut Ghozin, Olahraga Petanque sendiri saat ini sedang dirintis dan lebih dikembangkan, oleh sebab itu mudah-mudahan melalui Turnamen ini dapat bertanding dengan maksimal dan menjunjung tinggi sportifitas untuk meraih prestasi.

Baca Juga:  Wisata Alam di Gunung Ciremai Dibuka Lagi, BTNGC: Capai 22 Ribu Pengunjung

Sementara, Ketua FOPI Kabupaten Ciamis, H. Iwa Kartiwa mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya Turnamen Double Open Petanque yang digelar langsung oleh Club Nagawiru,” katanya.

“Mudah-mudahan melalui Ajang Turnamen tersebut dapat melahirkan atlit yang terbaik untuk membawa harum nama Kabupaten Ciamis melalui ajang olahraga Petanque,” ucapnya.

Untuk diketahui, Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet.

Baca Juga:  Mitos atau Fakta? Virus Corona Bisa Dilawan Dengan Antibiotik

Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan. Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter.

Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah batle tim.

Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis. Di Perancis, olahraga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1907-an. Hampir sebagian masyarakat Perancis memainkan olahraga tersebut. (Tny)