bjb

Bekasi, Kota Pejuang yang Sempat Membuat Penjajah Gentar

Diorama perjuangan rakyat Bekasi di Monumen Kali Bekasi. (Foto: National Geographic Indonesia/Zulkifli)

Dilansir dari laman: National Geographic Indonesia.

Rel-rel di Stasiun Bekasi sudah menderit sejak subuh. Kereta Rel Listrik (KRL) pertama yang melaju mengarah ke Jakarta. Bagi warga Bekasi, Jakarta adalah lahan penghasilan hidup selain di kota ini sendiri. Awal perjalanan orang dan barang dari Bekasi menuju Jakarta menggunakan moda sepur ini telah dimulai sejak 1887 silam.

Baca Juga:

Menanti Buah Hati Saat mendapat Ujian Meikarta

TPA Burangkeng Kelebihan Kapasitas, Pemkab Bekasi Siapkan TPA Sampah Baru



Masa itu, lintasan rel trayek Batavia-Bekasi selesai dibangun oleh Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij, perusahaan kereta api Belanda di Batavia. Tak ayal, lahirnya stasiun ini telah menambah kencang denyut Kota Bekasi yang sedang saya kunjungi ini.

“Bekasi,” tulis Pramoedya Ananta Toer, “adalah kota yang berbekas di hati. Kota yang membekasi”. Kalimat lirik itu ia ketik pada babak pembuka novel Di Tepi Kali Bekasi. Namun, saya membutuhkan kesabaran lebih untuk bisa bertahan di Bekasi ini. Di pusat kotanya, bermacam kendaraan tumpang tindih, saling merangsek di simpang-simpang jalan beraspal.
Halaman selanjutnya
Tags : Bekasi Kota Pejuang Penjajah Kereta Rel Listrik KRL Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Kanal Cikarang Bekasi Laut Tercemar, Pemkab Bekasi Cuek

Beraksi Dua Kali, Akhirnya Duet Curanmor Di Bekasi Ini Ditangkap

Pemkot Bekasi Rencanakan Bikin Angkot Berdaring Online

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi