Akibat Longsor, Jalur Menuju Kecamatan Sukasari Purwakarta Tertutup

JABARNEWS | PURWAKARTA – Rumpun bambu dan tanah longsor di wilayah Desa Kertamanah, Kacamata Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menutup akses menuju wilayah tersebut, pada Senin (24/2/2020). Longsor yang menyebabkan pohon tumbang itu terjadi pasca hujan deras mengguyur Purwakarta sejak malam.

Gusuran pohon bambu yang menghalangi hampir seluas badan jalan sempat menutup akses jalur tersebut tersendat hingga akhirnya ditangani oleh Pemerintah Desa Kertamanah berserta Babinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat setempat.

Baca Juga:  Ditolak Tiga Kali! Ini Cerita Megawati Soekarnoputri Minta Tokoh Sepuh NU Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Pejabat Sementara Kepala Desa (Pjs Kades) Kertamanah, Sundana mengatakan, Longsor terjadi akibat hujan deras tadi malam hingga pagi, yang mengakibatkan rumpun bambu menutupi jalan di Kampung Bihbul, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Ia mengatakan penanganan dengan sigap dilakukan aparatur desa bersama masyarakat mengingat jalur tersebut merupakan akses jalan utama menuju kecamatan Sukasari.

Baca Juga:  Namanya Masuk Bursa Cawapres, Muhadjir Effendy: Saya Masih Pembantu Pak Jokowi

“Ada tiga titik yang mengalami longsor di wilayah Desa Kertamanah, dan kini sedang dilakukan kerja bakti agar akses jalan bisa dilalui,” ungkap Pria yang akrab disapa Kisun saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (24/2/2020).

Baca Juga:  Silaturahmi, Hanya 1 Paslon Hadir Lengkap

Selain rumpun bambu yang menutupi jalan, lanjut dia, ada longsor yang membuat jalan di Kampung Cipangarang amblas.

“Karena hujan deras dan masih ada pergerakan tanah evakuasi dilakukan pagi ini. Yang rawan itu di Kampung Cipangarang. Pasalnya dekat dengan rumah warga. Kami berharap pihak terkait untuk memperbaikinya segera,” jelasnya. (Gin)