Simak! Anda Bisa Pantau Banjir Jabodetabek Lewat Situs Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi mulai tanggal 24-26 Februari 2020 beberapa wilayah di Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Namun pemerintah sudah menyediakan sejumlah platform untuk bisa memantau dan melaporkan jika terjadi banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pacific Disaster Center, dan Humanitarian OpenStreetMap Team berkolaborasi membuat satu situs untuk memantau banjir di Jakarta dan sekitarnya lewat satu situ PetaBencana.id.

Banjir kembali menggenangi Jakarta dan sekitarnya, menyusul hujan yang mengguyur dari semalam hingga pagi hari. Hingga siang ini, Selasa (25/2/2019) air masih menggenang di sejumlah area.

Baca Juga:  Dispora Kota Bandung Sebut di Masa Pendemi Covid-19 Pemuda Jadi Kreatif

Untuk memantau situasi banjir di Jadebotabek, pengguna internet tanpa harus turun langsung bisa membuka laman PetaBencana.id yang menyajikan peta banjir secara dan interaktif.

PetaBencana.id menampilkan peta dengan disertai label berwarna sesuai tingkat keparahan banjir yang terjadi di wilayah bersangkutan dan bagi penggunaan jalan bisa memanfaatkan laman tersebut agar tidak terjebak dalam area banjir.

Warna merah artinya Siaga 1 dan tinggi banjir di atas 150 cm. Warna jingga artinya Siaga 2 dan tinggi banjir sekitar 71 cm hingga 150 cm. Lalu Siaga 3 bertanda kuning yang artinya tinggi banjir antara 10 cm hingga 70 cm.

Baca Juga:  Kesal Direkam, Wajah Nia Dipukul Pelaku Penabrak 'Ojol'

Terakhir, Siaga 4 bertanda hijau yang artinya Anda diminta berhati-hati. Saat label warna suatu wilayah di-klik, situs akan menampilkan informasi tentang banjir di daerah tersebut, termasuk lokasi persisnya, ketinggian air, dan update terakhir.

Berdasarkan pantauan di situs PetaBencana.id, sampai berita ini diturunkan, sejumlah area di wilayah Jakarta tergenang banjir dengan tingkat keparahan bervariasi.

Baca Juga:  Dari 1300 yang Test Swab, 16 Guru SD dan SMP di Cimahi Positif Covid-19

Di samping Jabodetabek, PetaBencana.id juga bisa menyajikan informasi banjir di tiga kota lainnya, yakni Surabaya, Bandung, dan Semarang.

Anda juga bisa berpartisipasi secara aktif melaporkan banjir yang terpantau dengan mengunggah tweet dengan tagar #banjir dan mention akun @petabencana, mengirim pesan Facebook ke @petabencana.id, atau pesan Telegram /banjir ke @bencanabot.

Selain itu, Anda dapat melapor lewat aplikasi Qlue, PasangMata, dan Z-Alert lewat fitur yang tertera pada masing-masing aplikasi. (Red)