Tim SAR Basah-Basahan Evakuasi Korban Banjir di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Hujan deras mengguyur Kabupaten Karawang sejak Sabtu hingga Selasa (25/2/2020) berimbas 14 kecamatan terendam banjir.

“Kemarin banjir melanda sembilan kecamatan, semalam 12 dan pagi ini bertambah jadi 14 kecamatan,” kata Sekda Karawang Acep Jamhuri saat hendak berangkat meninjau banjir di Kantor BPBD Karawang, Selasa (25/2/2020).

Menururt Acep, terendamnya sejumlah pemukiman juga berimbas pada 32.961 jiwa dan menyebabkan 9.514 orang atau 3111 keluarga mengungsi.

Baca Juga:  PWI Pusat Kecam Intimidasi Terhadap Wartawan Detikcom

Sementara itu, Kantor SAR Bandung evakuasi warga warga yang tejebak banjir di Perumahan Purwasari Regency, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Korban dievakuasi ke tempat aman.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah mengatakan, pihaknya bersiaga di Perumahan Purwasari Regency, Kecamatan Cikampek, Selasa (25/2/2020).

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Datangi Lokasi Jembatan Ambruk

“Pukul 06.00 WIB, tim bergeser ke Perumahan Purwasari Regency untuk melaksanakan evakuasi terhadap warga terdampak banjir berdasarkan laporan dari warga,” kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah.

Warga terdampak banjir dievakuasi tim ke rumah saudaranya yang tidak terdampak banjir. Tim terus melakukan evakuasi, rata-rata warga yang dievakuasi di antaranya, lansia, anak dan balita.

Baca Juga:  KPU Serdang Bedagai Akan Tetapkan Satu Paslon, Bagaimana Nasib Soekirman?

“Adapun warga terdampak banjir di Perum Purwasari Regency yaitu sebanyak 425 KK dan 920 Jiwa. Sedangkan Tinggi Muka Air (TMA) di Perum Purwasari Regency bervariasi sekitar 50-130 cm,” ungkapnya

Unsur yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, BPBD Karawang, Kodim 0604 Karawang dan Potensi SAR. (Red)