Jangan Malu Menangis, Ternyata Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Siapa bilang menangis tak ada gunanya, kelamaan menangis memang bisa bikin mata merah dan bengkak. Tapi jangan salah, manfaat menangis dan mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Menangis adalah aktivitas alamiah yang sering mengungkapkan dari rasa kesedihan atau bahkan ekspresi dari kebahagiaan.

Bagi kebanyakan orang menangis menandakan bahwa seseorang tersebut merupakan orang yang lemah, namun apakah tanggapan itu bisa dikatakan benar?. Menurut beberapa penelitian menangis merupakan sebuah reaksi alami yang akan terjadi apabila seseorang mengalami kejadian yang menyentuh bagi hatinya.

Air mata yang merupakan indicator saat kita menangis juga memiliki berbagai makna didalamnya, diantaranya ungkapan perasaan bahagia, haru, sedih, ataupun kecewa.

Tangis adalah salah satu anugrah bagi hidup dan hati agar kita senantiasa menyadari fitrah kemanusiaan yang begitu indah, tetapi lemah dan tak berdaya atas kuasa Yang Maha Perkasa. Juga sebagai refleksi ketiadaan juga keterbatasan yang dimiliki oleh manusia di atas dunia yang fana dan akan ada akhirnya ini. Sebagai sebuah fitrah yang melekat dalam diri manusia, menangis bukanlah hal yang harus di hakimi.

Baca Juga:  Dampak Covid-19, Warga Pematang Siantar Ramai-ramai Jual Emas

Mengapa ada air mata? Pada dasarnya air mata sendiri bukanlah hanya sebagai indikator untuk penyampaian emosi. Air mata juga memiliki berbagai fungsi lainnya. Melansir dari helth me up, Alex Gendler menjelaskan bahwa air mata muncul berdasarkan tiga klasifikasi, diantaranya;

Air mata Basal

Yakni kelenjar air mata yang di hasilkan oleh mata dan bertujuan untuk melindungi mata dan sebagai pelumas agar mata tetap lembab dan sehat.

Air mata Refleks

Yakni dimana air mata keluar karna sebuah pemicu yang berada di sekitar kita, contohnya adalah saat kita mengupas bawang. Saat kulit bawang terkelupas ada sebuah reaksi ilmiah yang terjadi, reaksi ini mengubah Sulfoksida ( Zat yang membuat aroma bawang begitu menyengat ) menjadi asam sulfenik.Gas ini akan menyengat dan membuat mata memproduksi air mata lebih banyak dan tidak tekontrol, air mata yang keluar pada saat ini bertujuan untuk membuang zat atau partikel yang dapat membahayakan mata.

Air mata Emosional

Yakni air mata yang keluar disaat seseorang merasa terlalu sedih atau terlalu bahagia, aie mata yang keluar karna sebuah emosi berfunsi untuk menstabilkan suasana hati secepat mungkin, hal ini terjadi bersamaan dengan peningkatan denyut jantung dan ritme nafas yang melambat. Air mata emosional sendiri mengandung kadar stress yang labih tinggi. Ada ACTH dan Enkephalin yang berfungsi sebagai pembunuh rasa sakit alami yang di percaya dapat menenangkan emosi seseorang.

Baca Juga:  Diduga Terkait Lapak THR, Dua Ormas Di Depok Bentrok

Nah, setelah mengetahui jenis air mata diatas maka bisa dinyatakan bahwa air mata memang suatu anugerah dari ciptaan Tuhan yang sangat berharga. Selain itu menangis juga memiliki berbagai manfaat diantaranya :

Mengurangi stress

Bagaimana menangis bisa mengurangi stres? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Baca Juga:  DPTHP II Kabupaten Purwakarta Sebanyak 687.100 Pemilih

Pada setiap tetesan air mata memiliki kekuata antimikroba yang menhasilkan cairan enzim yang bernama Liysozyme. Enzim ini memiliki manfaat yang menakjubkan yakni bisa membunuh 90-95% bakteri hanya dalam beberapa menit

Meningkatkan penglihatan

Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Melegakan perasaan

Seperti yang kita rasakan sendiri. Bagaimana perasaan anda pasca menangis? Lega bukan ? Tentu saja, karena pada dasarnya menfaat menangis yang pertama kali kita rasakan adalah perubahan perasaan yang semulanya kacau menjadi lebih tenang.

Mencegah penyakit jantung

Studi ilmiah menunjukkan orang-orang yang mengekspresikan rasa sakit dengan menangis cenderung lebih rendah resiko terserag penyakit jantung dari pada mereka yang menahan dan menyembunyikan ‘rasa sakit’ dalam diri mereka. Khasiat menangis adalah juga menyelamatkan anda dari penyakit jantung. (Red)