KBB Buka Formasi Penyandang Disabilitas Ikuti Seleksi CPNS

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat segera menggelar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 pada 11 November 2019 mendatang. Pada kesempatan itu Pemkab Bandung Barat memberikan kesempatan luas kepada penyandang disabilitas untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2019.

Tahun ini, Kabupaten Bandung Barat mendapat kuota 318 formasi. Formasi itu terdiri dari 144 tenaga guru, 88 teknis administrasi dan 86 tenaga kesehatan. Penerimaan seleksi diumumkan secara resmi, Senin (11/11/2019).

Baca Juga:  Herman Suherman: Warga Cianjur Selatan Butuh Pasokan Listrik PLN

Kepala Bidang Perencanaan dan Mutasi Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat, Dini Seriawati mengatakan, penyandang disabilitas dapat mengisi formasi tenaga administrasi, kecuali formasi untuk fungsional kesehatan dan guru.

“Kalau mengacu pada aturan, minimalnya kuota bagi penyandang disabilitas itu sebanyak 2 persen,” ungkapnya di Ngamprah, Jumat (8/11/2019).

Dini menambahkan, dengan kebijakan memberikan kesempatan luas kepada penyandang disabilitas mengikuti seleksi, secara otomatis Kabupaten Bandung Barat sudah melebihi batas minimal 2 persen.

Baca Juga:  Maju di Pilkada, Bupati dan Wabup Sukabumi Ajukan Cuti

“Syarat bagi pelamar dari sisi usia maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN,” tambah Dini.

Sementara itu, Kasubid Pengadaan dan Mutasi, Faisal Firdaus menambahkan, pada seleksi CPNS sekarang ada perbedaan dari seleksi sebelumnya. Bagi peserta seleksi yang tak lolos seleksi administrasi diberi kesempatan mengajukan keberatan pada masa sanggah. Masa sanggah berlangsung selama tiga hari setelah diumumkan seleksi administrasi pada 16 Desember 2019.

Baca Juga:  Polisi Buru KKB Papua Pembunuh 9 Warga Sipil dan Pendeta

“Bagi yang tidak lulus seleksi administrasi, diberi kesempatan untuk menyampaikan sanggahan selama tiga hari dari 16-19 Desember,” kata Faisal.

Diakuinya, sampai sekarang belum ada teknis penyampaian sanggahan dari pusat. Namun BKPSDM Kabupaten Bandung Barat berinisial menyiapkan email khusus untuk menyampaikan sanggahan tersebut.

Semua proses rekrutmen CPNS 2019 akan dilaksanakan secara online. Proses pendaftaran akan dilayani pada laman resmi di Badan Kepegawaian Nasional. (Red)