Gelar Media Gathering, Ini Resolusi Lapas Purwakarta Tahun 2020

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bertemakan “Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020” Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Purwakarta menggelar Teleconference Media Gathering, pada Kamis (27/2/2020).

Bertempat di Aula Serbaguna, Dr. Sahardjo Lapas Purwakarta yang terhubung secara langsung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui aplikasi Zoom/ teleconference diikuti sejumlah media cetak, elektronik, maupun online.

Menurut Kasi Binapi Giatja dan selaku Pelaksana Harian Kalapas Purwakarta, Asep Saripudin mengatakan Media Gathering merupakan salah satu strategi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk memperkuat relasi dan tali silaturahmi jajaran Pemasyarakatan dengan insan media, sebagai upaya mewujudkan tujuan institusi dan menyampaikan capaian resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 sesuai dengan fungsi tiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) yaitu Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwakarta.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Cara Pencegahan Covid-19

“Seperti yang disampaikan dalam teleconference tersebut, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami mengatakan bahwa resolusi pemasyarakatan merupakan bentuk awarennes Pemasyarakatan terhadap perubahan tantangan kedepan yang dipengaruhi oleh arus globalisasi, pola komunikasi, atau bahkan terjangan era disrupsi,” jelas Asep, saat ditemui di sela-sela acara tersebut.

Adapun beberapa poin Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yang menjadi strategi peningkatan kualitas layanan di Lapas Purwakarta, lanjut dia, yakni berkomitmen mewujudkan Lapas purwakarta berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan juga mengoptimalkan pemberian remisi dan program integrasi seperti Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.

Baca Juga:  DPR Gelar RDPU Soal Pasal Pers Di RUU Omnibus Law, Ini Hasilnya

Selain itu, tambah Asep, meningkatkan kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menjadi SDM Unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikasi, mewujudkan Zero Overstaying, serta mengoptimalisasikan Revitalisasi Pemasyarakatan dalam rangka penyelesaian Over Crowding.

“Tahun ini, target Lapas Purwakarta harus berpredikat WBK. Dalam beberapa hari terakhir ini tim pokja WBK yang terbagi menjadi 6 bagian sudah mulai melengkapi data yang dibutuhkan dengan harapan dapat dicapai dengan dukungan semua pihak, terutama temen-temen media,” ujarnya.

Baca Juga:  Tips Aman Berinternet untuk Anak

Dirinya berharap, melalui kegiatan seperti ini, rekan-rekan media dapat menyampaikan hal-hal positif kepada masyarakat luas sehingga cita-cita lembaga pemasyarakatan untuk mengembalikan kembali kondisi lembaga pemasyarakatan itu berjalan dengan baik serta masyarakat dapat memahami fungsi lembaga pemasyarakaratan yaitu tempat pembinaan kemandirian maupun pembinaan kepribadian.

“Kami ingin citra pemasyarakatan lebih baik. Dengan pertemuan ini diharapkan masyarakat terutama media dapat lebih mengenal fungsi lembaga pemasyarakat, khususnya Lapas Purwakarta,” paparnya. (Gin)