Tim DMC Dompet Dhuafa Respon Cepat Bantu Korban Banjir di Wilayah Jabar

JABARNEWS | SUBANG – Banjir tidak hanya menerjang Jakarta dan Bekasi, namun sebagian wilayah Jawa Barat bagian utara pun tidak luput dari banjir. BPBD Jawa Barat menyatakan di Kabupaten Subang sebanyak 8 (delapan) kecamatan terdampak banjir yang merendam ribuan rumah hingga 1,5 meter setelah hujan dengan intensitas tinggi turun dan jebolnya sejumlah tanggul sungai Cilamaya dan Ciaseum.

Kecamatan terdampak meliputi Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Pagaden, Kecamatan Pusakanagara, Kecamatan Pamanukan, Kecamatan Ciasem, Kecamatan Binong, Kecamatan Pusakajaya dan Kecamatan Compreng. Sebanyak 5.938 Jiwa mengungsi dan 3.435 rumah terdampak.

Sementara itu, di wilayah Kecamatan Pamanukan terdapat 635 rumah terdampak di Desa Rancasari, 100 rumah terdampak di Desa Lengkong Jaya, 230 rumah terdampak di Desa Pamanukan Hilir, 280 rumah terdampak di Desa Pamanukan dan 474 rumah terdampak di Desa Karangmulya.

“Kebutuhan darurat bagi penyintas terdampak saat ini yakni makanan pokok, logistik sembako, air bersih dan konsumsi, selimut, tikar/matras dan makanan bayi. Hingga sejauh ini tim Disaster Management Center (DMC) telah menerjunkan 4 personil, sebuah mobil rescue dan sebuah perahu karet”, ujar Benny selaku Direktur Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Baca Juga:  Rayakan Anniversary, MACI Ingin Motor Antik Tetap Eksis

Benny menambahkan tim telah mendistribusikan logistik sejumlah 32 paket bahan makanan untuk dapur umum di Masjid Al Falah serta distribusi 100 paket makanan di Gang Banca RT 004/006 Kampung Baru, Desa Mulya Sari, Kecamatan Pemanukan.

Sementara di lokasi lain wilayah Kabupaten Karawang, banjir yang terjadi sejak Senin, (24/2/2020) telah mengakibatkan 14 Kecamatan di Kabupaten Karawang terendam. Sejumlah 14 Kecamatan hingga 30 Desa terdampak banjir.

Menurut BPBD Karawang sebanyak 32.961 jiwa dengan 11. 212 keluarga terdampak. Sementara 9.514 jiwa dengan 3.111 keluarga mengungsi. Sejauh ini terdapat 14 titik pegungsian dan 10.529 rumah terdampak.

“Hingga hari ini tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa telah mengevakuasi 30 jiwa warga Dusun Kampek, Desa Kararangligar, Kecamatan Telukjambe sejak Rabu kemarin (26/2/2020). Hingga pendistribusian Logistik sebanyak 300 paket konsumsi di Dusun Pengasinan, Desa Kararangligar, Kecamatan Telukjambe, Karawang, Jawa Barat dengan jumlah penerima manfaat mencapai 330 jiwa hingga Jumat ini (28/2/2020)”, lanjut Benny.

Baca Juga:  Peluang dan Tantangan Negara Maritim

Sementara banjir yang menggenangi wilayah Muara Gembong, Kabupaten Bekasi sejak Kamis (27/2/2020) telah berangsur surut dengan titik terdalam rata-rata selutut org dewasa 0-50 cm.

“Hingga kemarin tim DMC Dompet Dhuafa memantau banjir di wilayah Desa Pantai Harapan Jaya dengan kondisi pemukiman sebagian masih tergenang air, sejauh ini tidak ada titik sentral pengungsian karena warga bertahan dirumah, jumlah wilayah terdampak sebanyak 6 RT dengan kurang lebih di huni 480 Kepala Keluarga. Sementara kebutuhan penyintas yang sangat diperlukan yakni bahan makanan mentah, makanan siap santap dan layanan kesehatan,” jelasnya.

Sejak kemarin tim DMC Dompet Dhuafa sudah melakukan respon dengan mendistribusi 10 paket logistik, 30 lembar selimut, 3 koli sandang layak pakai di RT 02/08. Sementara di hari Kamis (27/2/2020) tim memantau wilayah di Desa Pantai Bakti, dengan kondisi pemukiman sebagian masih tergenang air namun muka air sudah surut.

Baca Juga:  Akhir Pekan di Bogor, Yuk Mampir ke Miniatur Kampung Eropa Ini

TNI-Polri membantu perbaikan sementara tanggul yang jebol. Pos pengungsian ada di PAUD Qolbun Salim di Kp. Kedung Bokor RT 03/03, namun hanya beberapa orang saja yang tersisa karena sebagian sudah kembali ke rumah.

Serta jumlah wilayah terdampak mencapai 6 RT dalam 2 RW dengan kurang lebih 800 Kepala Keluarga. Kebutuhan saat ini bagi penyintas di Desa Pantai Bakti membutuhkan bahan makanan mentah hingga makanan siap santap.

Tim DMC Dompet Dhuafa telah merespon dengan mendistribusikan 100 buah roti, 3 dus biskuit hingga 1 dus wafer di PAUD Qalbun Salim di RT 03/03. Tim DMC Dompet Dhuafa menerjunkan sebanyak 4 Personil dengan armada meliputi satu unit mobil dan sebuah perahu LCR. (Red)