aqua

Sejumlah Kecamatan Jadi Langganan Banjir, Ini Kata BPBD Ciamis

Untuk mengurangi dan mengatasi masalah banjir, masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Banjir melada di sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis, (foto: Fii/Jabarnews)

JABARNEWS | CIAMIS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis menanggapi terkait 9 wilayah Kecamatan yang telah menjadi langganan banjir di wilayahnya.

Kepala BPBD Kabupaten Ciamis, Mochammad Soekiman, menilai bahwa sebelum melakukan normalisasi sungai, karakter sudut pandang Sungai sendiri juga harus dilihat.

Baca Juga:

Diguyur Hujan Lebat, Jalan di Desa Sidamulih Ciamis Amblas

Waspada! Ini 9 Daerah Langganan Banjir di Ciamis



"Jadi kalau normalisai sungai seperti di normalisasi perbaikan tanggul yang ada di wilayah Kecamatan Panumbangan, perlu adanya pengerukan sendimen sungai," ujar Mochammad Soekiman (Sabtu (29/02/2020).

Soekiman mengatakan bahwa Sungai harus terpelihara dengan baik, terutama yang dekat dengan pemukiman, seperti halnya di Kecamatan Panumbangan, tingkat kerugian ketika banjir lumayan cukup besar dan banjir itu selalu melanda pemukiman.

"Namun begitu menurutnya untuk normalisasi Sungai seperti di Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Lakbok, sebetulnya pernah diwancanakan untuk membangun Sodetan," ungkapnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BPBD Ciamis Banjir Ciamis Penanggulangan Banjir Solusi Banjir Jabarnews Berita Jawa Barat berita Terkini Berita Lokal bberita Hiperlokal

berita terkait

Masyarakat Keluhkan Jalan Penghubung Desa Amblas di Ciamis

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi