Sekjen DPD RI Donny Moenek Dikukuhkan Sebagai Penasehat PP Pordasi

JABARNEWS | BANDUNG – Upacara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) masa bakti 2020-2024 sekaligus Rapat Pleno PP Pordasi Tahun 2020 di Ballroom Hotel Borobudur, Jumata (29/2) berlangsung hikmat sekaligus semarak karena dihadiri sejumlah pejabat dan tamu terhormat.

Dalam sambutannya Menpora Zainudin Amali berharap agar berkuda dapat memberikan kebanggaan dan menorehkan prestasi dalam gelaran kejuaraan-kejuaraan internasional di dalam dan luar negeri.

“Dengan banyak kejuaraan internasional maka bukan hanya prestasi yang didapat tapi juga sport tourism dan sport industry. Kemenpora telah mulai dengan sport science. Tanpa sport science kita tidak bisa berbicara banyak,” pesan Menpora.

Dalam kesempatan ini Menpora juga sampaikan sesuai arahan Presiden bahwa Indonesia mengikuti bidding Olimpiade 2032, jangan sampai Indonesia hanya menjadi EO dan peserta saja, tetapi mesti juga mampu berprestasi.

“Kami harap cabor berkuda bisa memberikan kebanggaan dan prestasi. Sebisa mungkin menggelar kejuaraan-kejuaraan internasional di dalam negeri,” kata Menpora.

Dari sejumlah tokoh nasional, khususnya cabor berkuda, tampak Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek yang duduk di jajaran pengurus inti PP Pordasi. Rupanya, pria berkumis tebal asal Minangkabau ini dipercaya sebagai Penasehat PP Pordasi bersama Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, Setyono Djuandi Darmono, Tomy Winata, Anita Ratna Sari Tanjung, dan Laksda TNI (Purn) Fritzs Mantiri.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Beri Bantuan untuk Warga Terdampak Puting Beliung

Ditemui seusai pelantikan itu, Donny Moenek, demikian sapaan akrabnya mengaku telah lama berkecimpung dalam dunia olah raga berkuda semenjak kecil. “Ayah saya, J Moenek dulu merupakan Kepala Pejawat Kehewanan di Sumatera Tengah. Tahun 1958, ia pemilik peternakan kuda di Padang Mangateh. Pada masa itu, banyak peternak kuda yang datang ke Padang Mangateh, mereka belajar cara beternak kuda pada ayah. Termasuk peternak dari Aceh, Jawa, dan Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Lebih lanjut Donny menceritakan bahwa kepindahan keluarganya ke Jakarta semakin membuat bisnis berkuda yang dirintis ayahnya semakin berkembang. J Moenek bersama sejumlah pengusaha kuda lantas mendirikan Djakarta Racing Management. “Tak lama kami punya peternakan kuda sendiri dengan nama J Moenek Stable di Pulo Mas. Koleksi kuda ayah sangat banyak. Rata-rata kuda pilihan, bibit unggul, peranakan Australia dan Inggris. Jenisnya Thouroughbred. Mantan Presiden Barrack Obama, waktu kecilnya sering datang ke peternakan kami. Melihat-lihat kuda,” kenang Donny.

Melanjutkan ceritanya, Donny mengatakan beberapa kuda milik ayahnya kerap memenangkan balapan kuda. “Red Rival, Temple Dance, Revolving, dan Saldivar. Itu nama kuda-kuda top milik ayah. Yang menjadi saingan berat adalah kuda-kudanya milik Presiden Soeharto, salah satu namanya Maruto. Saking hobinya berkuda, orang dulu memanggil ayah saya Profesor J Moenek lantaran dirinya yang mengerti dan pintar sekali soal kuda. Karena ayah itu dokter hewan. Dia melatih dan merawat sendiri kuda-kudanya. Jadi kalau orang-orang mau beli kuda bagus, pasti bertanya pada ayah saya. Kalau ada kejuaraan berkuda di dalam dan luar negeri, J Moenek tampil sebagai sponsor,” terang Donny dengan penuh semangat.

Baca Juga:  Keren! Kolaborasi PT MUJ dan Pertamina Garap Pasokan Listrik di Kalsel

“Nah, tentang tradisi pacu kuda ini, saya tadi sudah katakan pada Ketum PP Pordasi, Ibu Triwatty Marciano, agar tradisi pacu kuda ini agar terus digelorakan. Banyak daerah-daerah di Indonesia yang telah menggelar budaya pacu kuda dalam setiap pesta adat. Terutama di Sumatera Barat, hampir di setiap daerah punya gelanggang pacu kuda,” terang Donny yang menjadi PJ Gubernur Sumatera Barat 2015-2016 ini.

Mantan Kapuspen/Jubir Kemendagri ini lebih lanjut berkata, “Pacu kuda ini hendaknya menjadi perhatian. Berkuda ini memang olah raga mahal, biaya pemeliharaannya tak sebanding dengan pemasukan. Ini tantangan kita bersama, bagaimana aktifitas berkuda ini dapat hidup dan semarak lagi sehingga dapat menguntungkan masyarakat, pengusaha, dan para atlit berkuda.”

“Tadi saya sudah bilang ke Ibu Ketum PP Pordasi dan Ketua KONI, Pak Marciano Norman, untuk datang ke seluruh daerah yang memiliki tradisi berkuda di Indonesia, melihat langsung pertunjukan pacu kuda. Nah, dalam waktu dekat, saya lihat sudah ada undangan di Payakumbuh dan Padang Panjang. Kita akan atur, kapan kesediaan mereka untuk datang. Yang utama, adalah tekad kita untuk menyemarakkan kembali olah raga tradisi pacu kuda ini. Dan tentu saja menjadi perhatian bagi PP Pordasi dalam penyusunan program pembinaan dan pengembangan atlit berkuda ke depan sebagaimana yang diharapkan oleh Bapak Menpora tadi,” ujar Donny yang menjabat Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri 2013-2017 ini.

Baca Juga:  Pelajar Indramayu Masih Belajar Di Rumah Pada Tahun Ajaran Baru

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano menyampaikan harapannya agar kelak Indonesia memiliki banyak atlet berkuda terbaik. “Kami berupaya memasyarakatkan olahraga berkuda dengan banyak minat masyarakat potensi kolaborasi dengan swasta untuk pembinaan atlet akan semakin terbuka,” ujarnya.

“Semoga Indonesia semakin banyak atlet berkuda terbaik dan di Olimpiade 2032 insya Allah berkuda mampu mempersembahkan medali untuk Indonesia,” tutup Triwatty pada pelantikan yang mengangkat tema Pordasi yang Mandiri Siap Berdedikasi untuk Peningkatan Prestasi.

Turut hadir pada pelantikan ini Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Dewan Pengawas Pordasi Saud Situmorang, Ketua Harian Pordasi Alex Asmasoebrata, Wakil Ketua Umum Teuku Riefky Harsya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Mantan Wakapolri Nanan Soekarna serta mantan Dirjen Polpum Kemendagri Soedarmo. (ADV)