WNI ABK Diamond Princess Bakal Disambut Ridwan Kamil Sebelum Diobservasi

JABARNEWS | MAJALENGKA – Sebanyak 68 warga negara Indonesia (WNI) kru kapal Diamond Princess yang sedang dalam proses evakuasi akan pulang diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) Salahudin Rafi mengatakan ihaknya menyiapkan fasilitas khusus terkait rencana kepulangan WNI ABK Diamond Princess yang seluruhnya di bawah pengendalian dan koordinasi Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Usulkan Depok Dapat Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

“Betul, seluruh kegiatannya langsung di bawah Kementerian Kesehatan, Bandara KJT (Kertajati) telah menyiapkan fasilitas terkait penerbangan,” kata Salahudin.

Salahudin Rafi mengaku pihaknya hingga saat ini belum mendapat kepastian pukul berapa pesawat dari Jepang akan mendarat di Kertajati.

“Kami baru dikabari jika pesawat kemungkinan mendarat malam nanti. Belum ter-update infonya, rencana malam ini,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengabarkan bahwa pesawat Garuda Indonesia Airbus 330 yang bertugas menjemput WNI di Kapal Diamond Princess telah mendarat di Bandara Haneda, Jepang.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Beri Tawaran Pada Anies Baswedan Soal Ini

“Sekarang kru pesawat sedang istirahat karena mereka akan melakukan penerbangan panjang,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto melalui sambungan telepon kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Kemenkes berharap 68 WNI di kapal tersebut dapat diberangkatkan pada Ahad (1/3) pukul 18.00 waktu setempat dan diperkirakan akan tiba di Indonesia pada 23.30 WIB.

Baca Juga:  Adanya Penolakan Penobatan Sultan Sepuh Ke-XV, Ini Kata Ridwan Kamil

Kemenkes menyiapkan dua alternatif lokasi pendaratan awal sebelum dibawa ke Pulau Sebaru untuk menjalani masa observasi.

Kedua lokasi pendaratan itu adalah Bandara Halim Perdanakusuma, di Jakarta Timur, atau di Bandar Udara Kertajati di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan akan menyambut langsung 68 WNI ABK Diamond Princess. Ridwan Kamil akan menyambut para WNI itu di Bandara Kertajati, Majalengka. (Ara)