bjb

Mendagri Tito Minta Kades Kuasai Tiga Ilmu Ini

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (Foto: Net)

JABARNEWS | PALEMBANG - Kepala Desa di Indonesia dituntut untuk menguasai tiga ilmu dasar dalam pengelolaan dana desa dari pemerintah maupun sumber lainnya. Ini dilakukan agar tidak salah membuat keputusan dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

“Kepala desa harus tahu ilmu dasar manajerial, ilmu dasar pemerintahan dan ilmu administrasi keuangan,” kata Tito Karnavian di depan ribuan kepala desa pada Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa 2020 Sumsel di Palembang.

Baca Juga:

Profile Tito Karnavian, Sang Jenderal Berprestasi

Irfan Suryanagara Dicoret, DPP Demokrat: Kemendagri Tidak Bijak



Menurut dia, 60 persen kepala desa di Indonesia merupakan tamatan SLTA sehingga rentan melakukan kesalahan administrasi maupun manajerial yang berpotensi masuk ke ranah hukum, padahal hal-hal seperti itu dapat diminimalisir.

Ilmu manajerial dasar, kata Tito, sangat dibutuhkan karena kepala desa membawahi ribuan masyarakat yang memilihnya dan perlu mengatur berbagai komponen desa melalui jalan musyawarah agar keputusan yang dibuat disepakati bersama.
Halaman selanjutnya
Tags : Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Pengelolaan Dana Desa Administrasi Keuangan Kepala Desa Pemerintahan Desa Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Empat Polisi Terbakar di Cianjur Dapat Kenaikan Pangkat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi