Kabar Gembira! Urai Kemacetan Kota Bandung Akan Miliki 3 Flyover Tahun Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kabar gembira untuk warga Bandung dan sekitarnya yang sering terjebak kemacetan di kawasan Kopo. Pemkot Bandung akan memulai pembangunan Fly Over Kopo-Leuwipanjang mulai tahun ini.

Pembangunan Fly Over Kopo-Leuwipanjang salah satunya bertujuan untuk mengatasi kemacetan parah yang sering terjadi di kawasan Kopo menuju arah Leuwipanjang maupun sebaliknya.

Dengan demikian, Kota Bandung akan memiliki fly over baru di tiga titik yakni dua yang dilanjutkan pembangunannya di Jalan Jakarta-Jalan Supratman dan Jalan Laswi-Gatot Subroto. Sedangkan fly over lainnya yaitu Kopo-Leuwipanjang.

Kepala Seksi Perencanaan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Melky Kuswara mengatakan, pada 2019 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sudah memganggarkan dana pembangunan fly over di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi. Pada Mei 2020, pembangunannya akan dilanjutkan.

Baca Juga:  Inilah Sejarah Kopi Jawa Barat Sejak Zaman VOC

“Untuk 2020 ini juga ada tambahan informasi dari Provinsi, bahkan nasional untuk program pembangunan fly over Kopo – Leuwipanjang. Jadi di 2020 ini ada tiga fly over, dua dilanjutkan, satu yang akan dibangun,” kata Melky.

Melky menjelaskan, fly over yang dilanjutkan pembangunannya pada 2020 ini, pada tahun lalu baru menyelesaikan bagian bawahnya. Sedangkan pada tahun ini melanjutkan bagian atas dari fly over tersebut.

Baca Juga:  Pembunuhan Tukang Sekoteng di Sukabumi Dipicu Dendam Kalah Duel

“Sedang ada proses untuk lelangnya, kemungkinan pada akhir April atau awal Mei itu akan dilanjutkan. Targetnya 2020 selesai tapi kita masih menunggu hasil dari pelelangannya,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk bagian bawah fly over tersebut, hingga saat ini DPU melakukan masa pemeliharaan sebelum dilanjutkan untuk pembangunan.

“Kalau Fly over Kopo informasi dari pusat dianggarkan untuk tahun 2020, kita belum tahu proses untuk lelangnya. Namun pembebasan lahannya sudah. Informasinya hanya tersisa lima persen lagi yang belum,” katanya.

Kendati demikian, Melky belum bisa memastikan terkait rancangan fly over Kopo-Leuwipanjang tersebut.

“Kalau panjangnya berapa kilometer itu kami belum paham, yang jelas melewati Kopo dan Leuwipanjang. Pemprov Jabar juga saat ini fokus untuk Jalan Jakarta – Supratman, dengan Gatot Subroto dulu,” katanya.

Baca Juga:  Hati-hati! Jika Ibu Hamil Sering Menangis Bisa Sebabkan Ini Pada Bayi

Diketahui, Pemkot Bandung berencana membangun tiga flyover di sejumlah wilayah untuk mengurai kemacetan. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan flyover pertama akan dibangun di Leuwipanjang hingga Kopo (Soekarno Hatta) sepanjang 1,3 KM.

Flyover kedua dibangun di Kiaracondong-Buah Batu (Soekarno Hatta) dengan panjang 1,9 KM. Sementara yang ketiga akan dibangun di perempatan Dr Djunjunan hingga Surya Sumantri (Pasteur) dengan panjang sekitar 800 meter. (Red)