Tetap Tenang, Sebagian Besar Pasien Corona Virus Dapat Disembuhkan

JABARNEWS | BANDUNG – Virus corona atau Covid-19 merebak pertama kali di Wuhan, Provinsi Hubei, China, sejak awal tahun 2020.

Hingga kini, kasus virus tersebut masih menjadi perhatian masyarakat dunia, tercatat hingga saat ini kasus positif Covid-19 di seluruh dunia sudah mencapai 86.992 orang.

Dengan terus bertambahnya kasus tersebut, sisi baiknya, jumlah kesembuhan meningkat dengan total 42.334 jiwa.

Meskipun penyebaran virus corona kini terdeteksi di luar Asia, seperti Amerika Serikat, yang memiliki total 68 kasus, dikutip dari suara.com, 7 di antaranya sudah sembuh dan satu di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Kemudian di Eropa, kasus pertama dilaporkan di Irlandia, Luxembourg, Qatar, dan Ekuador. Dari data kumulatif yang dihimpun, jumlah kasus corona di seluruh dunia mencapai 86.992 orang, dengan angka kematian 2.979 jiwa.

Selain itu, jumlah tersebut juga tersebar di beberapa negara seperti Vietnam, India, Rusia, Kamboja, Mesir, Belgia, Nepal, dan Sri Lanka. Hingga kimi, virus Covid-19 telah menjangkiti 64 negara dan satu kapal pesiar Diamond Princess.

Saat Indonesia masih berstatus zero Corona Covid-19, sedikit banyak hal ini membuat berbagai kabar hoaks bertebaran, termasuk kabar 6 kota zona kuning corona di Indonesia, yang beredar dalam pesan WhatsApp.

Kota-kota yang disebutkan sebagai 6 kota zona kuning corona adalah Jakarta, Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Bali, dan Manado. Kabar ini kemudian langsung ditepis Kementerian Kesehatan RI dalam keterangan resminya.

“Kemenkes tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang ‘6 kota zona kuning corona’, sebagaimana informasi yang beredar di media sosial,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM, melalui rilis resminya, Jumat (28/2/2020). (Red)